The miracle of endorphin

*THE MIRACLE of ENDORPHIN*

( antisipasi – kenali – tangani )
Dalam kehidupan ini,

Kita seringkali akan terluka oleh orang lain, kadang-kadang sengaja, kadang-kadang tidak sengaja. 
Bagaimana kita mengatasi rasa SAKIT HATI,  akan menentukan kebahagiaan dalam hidup kita sendiri. 
Bila kita MEMENDAM rasa sakit hati dalam hidup kita &  terus menyimpannya, ini disebut DENDAM & KEBENCIAN. 
Jika seseorang menyakiti kita di tahun2 yang lalu & kita masih menyimpan dendam, itu akan MERACUNI PIKIRAN & mempengaruhi perjalanan hidup kita sendiri. 
Untuk kesehatan &  kebahagiaan kita sendiri, kita harus belajar untuk MEMAAFKAN & MELEPASKAN ‘rasa’ sakit dan dendam itu. 
Jika seseorang sedang marah, panik, cemas, takut, merasa TERTEKAN , maka otaknya mengeluarkan NOR-adrenalin, hormon yg sangat BERACUN.
Di antara RACUN ALAMI ,

hormon ini menempati urutan kedua setelah bisa ular.  
RACUN INI membuat fisik kita sakit-sakitan, cepat tua & cepat mematikan syaraf.
Jika seseorang mampu mengendalikan PIKIRAN & PERASAANNYA sehingga menghadapi segala sesuatu secara POSITIF , maka otak akan mngeluarkan HORMON BETA-endorfin. 
Hormon KEBAHAGIAAN ini berkhasiat MEMPERKUAT daya tahan tubuh,

MENJAGA sel otak tetap muda, MELAWAN penuaan, MENURUNKAN agresivitas, MENINGKATKAN semangat, daya tahan tubuh & kreativitas. 
Karena itu BERSIKAPLAH POSITIF jika ingin hidup bahagia, sehat & berumur panjang. Sikap positif akan terpancar dari SENYUM kita yg penuh keikhlasan.
MAAFKAN lah dg tulus ikhlas ucapan & prilaku orang yg menyakiti hati kita krn itu hanyalah masalah “RASA”, yg seharusnya mampu kita kendalikan.

—————-

Dikutip dari : 

The Miracle of Endorphin 

Dr. Shigeo Haruyama

Pemenang

💥 —PEMENANG— 💥
Jika ada pertanyaan, siapakah PEMENANG itu?

Maka jawablah, bahwa anda adalah PEMENANG.
Setiap manusia yg dilahirkan adalah pemenang kehidupan. Anda sdh berhasil mencapai titik finish saat bersaing dgn jutaan sperma sblm anda lahir
Jadi, jika skrg anda menganggap bahwa anda adalah the looser (yg kalah) kemudian anda putus asa krn blm mnjadi org sukses, anda pesimis, anda tdk lbh hebat dari org lain. Maka,

Lihatlah kebelakang saat anda akan diciptakan, lalu anda lahir kedunia dgn lantang berteriak “Saya adalah Pemenang” mungkin ini bahasa bayi jika kita memahaminya. 
Jgnlah anda menangis saat kesedihan datang, keterpurukan menimpa, musibah datang bertubi tubi, kegagalan terus menghantui. 
Bangkitlah!!!

Yakinlah bahwa anda bisa melakukannya…!

Yakinlah bahwa anda diciptakan dgn sempurna dilengkapi dgn potensi yg sangat luar biasa..!
YAKINLAH ANDA ADALAH PEMENANG!!

—Jgn menyerah—

“Jika anda mulai lelah, berlarilah hingga kelelahan itu LELAH mengejarmu”

===========

💦 Join and share 

🌐 t.me/EmbunPagi
Mau mencapai sesuatu? Mau menuju sesuatu?
Begini.
Kalau Anda ingin ke Pulau Komodo, pergilah bersama orang yang sudah bolak-balik ke sana. Setidaknya, tanya orang itu.
Kalau Anda ingin ke Pulau Sirandah, pergilah bersama orang yang sering pergi ke sana. Setidaknya, tanya orang itu.
Dengan begitu, adakah kemungkinan tersesat alias gagal? Ada, tapi kemungkinan itu kecil sekali. 
Kalau kita coba-coba sendiri atau cari-cari sendiri, yah kelamaan. Bagaimanapun, mengikuti sang ahli yang teruji dan terbukti lebih dianjurkan.
Demikian pula dalam bisnis. Baiknya kita belajar dengan mereka yang relatif ahli dan pengalaman. Jangan trial and error sendiri.
Berani action itu perlu. Sangat perlu. Tapi nggak cukup. Setelah action, setelah melangkah, setelah memulai, hendaknya iringi dengan ilmu.
Ini pesan berharga bagi entrepreneur dan calon entrepreneur. Maksudnya gimana? Belajarlah memulai bisnis dan MENGELOLA BISNIS. Dengan berilmu, risiko-risiko bisnis dapat ditekan. Aktivitas-aktivitas bisnis pun menjadi lebih efisien dan lebih efektif. 
Ilmu kita terbatas. Pengalaman kita juga terbatas. Jangan terlalu diandalkan. Right? Carilah ilmu. Carilah guru. Zaman sekarang, namanya macam-macam. Mungkin coach, mungkin mentor.
Sekali lagi, ilmu adalah keniscayaan, terutama untuk mengelola bisnis dan membesarkan bisnis. Kalau coba-coba sekenanya, malah lebih menguras waktu dan biaya. Itulah yang dulu saya alami. 
Learn, then you will earn. Belajarlah, kemudian kita akan menghasilkan.

Kingdom Saudi Arabia

Tulisan seorang teman, tentang pengalaman pribadinya selama di KSA (KINGDOM SAUDI ARABIA), panjang, tapi menambah wawasan dan sangat inspiratif, ditulis atas permintaan teman jg 😄
Dear Bu Wigati, Pak Benny, sesuai janji saya, saya buat tulisan tentang pengalaman saya tinggal di Saudi Arabia, beberapa hal yang membuat saya jadi tahu islam yang sunnah. Tentunya ini hanya pengalaman pribadi dan sangat mungkin subjective, dan ini hanyalah sebagian kecil contoh saja. Jangan terlalu digeneralisai dan diperdebatkan.
Assalamu Alaikum warohmatullohi Wabarokatuh.

Tulisan ini saya buat bukan karena euforia kedatangan Raja Salman ke Indonesia, tapi mungkin sebagai renungan dan pengingat untuk saya, sebenarnya islam seperti apakah yang rahmatan lil Alamin itu..
Saya hanya ingin menceritakan pengalaman pribadi saya selama hidup di KSA (Kingdom Saudi Arabia) kurun waktu 2008 – 2012. Semoga menjadi bahan pencerahan buat yang membacanya, seperti apakah sebenarnya KSA itu.
Sebenarnya sama sekali tidak ada pikiran atau niatan saya, untuk tinggal di KSA, sampai pada suatu saat saya mendapat tawaran kerja di Jeddah, KSA, sebagai seorang IT Manager di sebuah perusahaan FCMG, perusahaan yg cukup besar dan memiliki banyak kantor cabang di KSA. Waktu itu perasaaan saya biasa2 aja, seperti seorang yang mendapat pekerjaan di LN, gaji gede, bebas pajak, dll. Hanya untuk perbaikan kehidupan, itu saja. Tidak lebih.
Saya sendiri bukanlah seorang yang sangat agamis, malah lebih cenderung moderat. Waktu itu saya tidak tau apa itu Wahabi, apa itu Sunnah, Syiah.. saya bener2 buta soal itu, karena selama bekerja di Indonesia tidak ada pikiran tentang itu, yang saya tau, sebagai muslim, ya sholat, puasa, zakat, haji..pengajian, zikir akbar dsb.
Dalam segala kebutaan soal-soal islami itu, saya berangkat ke KSA untuk bekerja, saya berangkat terlebih dahulu, keluarga menyusul setelah saya merasa settle di sana.
Selama tinggal di KSA, saya mulai merasakan ada sesuatu, ada sesuatu yang saya sendiri ga tau itu apa, yang kadang membuat saya terheran2, terpana, merenung tentang kehidupan Islami orang2 arab saudi ini.., untuk lebih singkatnya saya akan buat menjadi beberapa point, di mana setiap point itu yang membuat saya berusaha menjadi seorang yang menjalankan sunnah. Walaupun prosesnya tidak serta merta, tetapi melalui pemahaman yang panjang, hidayah yang turun naik, saya menganalisa dari point2 pengalaman saya dihubungkan dengan dalil dalil sunnah yang baru saya pelajari dikemudian hari.
Semoga cerita menjadi petunjuk untuk yang mengerti, seperti inilah kalau mau jadi kaya, baik dalam lingkup individu dan lingkup negara. Negara tandus yang diberkahi Allah Subhana Wata Ala, sudah sukup menjadi contoh dan bukti kebenaran akan janji Allah.
1. Orang Arab bodoh2 dan malas

Stigma ini sudah saya dengar sejak lama, itu juga yang jadi pegangan saya waktu berangkat, makanya kenapa banyak tenaga kerja asing, karena mereka malas2.. katanya, geblek, ngeyel, susah dll…. sampai saya melihat sendiri betapa santai dan malas nya mereka, jam 9 masuk kerja, jam 10 sudah keluar kantor, ngopi2 dulu, kerjaan bisa berhari hari selesai, dan lain lain. 

Tapi.. 

Yang saya heran didalam kemalasan dan santai nya hidup mereka, tapi saat Dhuha dan adzan sholat berkumandang, mereka bergegas untuk pergi ke Masjid, tidak ada kompromi, walaupan sedang rapat/meeting, mengerjakan sesuatu, pokoknya tidak ada tawar menawar, saat waktu sholat, orang2 arab sudah menghilang, hanya 1 -2 pekerja yang tinggal di kantor dan kebanyakan mereka bukan orang Arab, seperti India, Pakistan, Philipine..
Dari renungan saya, ternyata..

Al Qur’an surat At-Thalaaq: 2-3: “…Barangsiapa bertakwa kepada Allah niscaya Dia akan mengadakan baginya jalan keluar. Dan memberinya rezeki dari arah yang tiada diduga-duga…”
Pekerjaan bukanlah sesuatu yang utama buat mereka, mereka sangat meyakini sekali rezeki itu dari Allah, kadang bekerja itu buat mereka hanyalah sesuatu yang dilakukan untuk menunggu waktu sholat, sangat kental sekali bagaimana mereka itu benar2 mengutamakan sholat. 
Kenapa Arab Saudi, negeri gurun tandus, kering, tetapi penduduknya kaya2 semua? Hidup mereka sangat terjamin, walaupun mereka tidak memiliki skill yang tinggi, pekerjaan yang biasa2 saja, tapi tetap saja hidup mereka lebih baik. Bicara soal kekayaan Alam, seperti minyak bumi, Negri (indonesia) kita juga ada minyak, ada emas, ada batubara, ada hutan, ada kayu, ada hujan, ada pertanian, tetapi kenapa orang2 arab saudi ini tetap lebih kaya, hidup lebih santai, dari mana mereka dapat uang? Aneh kan?

bandingkan dengan kita di Indonesia, semua orang bekerja keras untuk bisa mendapatkan uang, berangkat kerja pagi2 buta, malah ada yang baru azan subuh sudah berangkat, semata2 hanya untuk mengejar rezeki.

Orang2 arab ini, tidak harus berangkat kerja subuh, subuh waktunya sholat, jadi kadang mereka tertawa kalo saya cerita di jakarta, banyak orang yang sudah jalan kerja lepas subuh…
Di sini saya semakin penasaran, apa sih sebenarnya rahasia hidup mereka?
Di balik santai nya mereka, yang kita sebut malas, ternyata mereka adalah orang2 bertaqwa, pemerintahnya juga pemerintah yang bertaqwa, mejalankan hukum2 syariah, bayangkan orang yang bertqwa saja akan mendapatkan rezeki yang tak terduga, bagaimana kalau pemerintahan yang bertaqwa? rezeki bangsa lebih banyak dan tak terduga, siapa yang menduga, Arab Saudi bisa punya banyak minyak? yang menemukan minyak juga orang Amerika di sana, bukan arab, yang susah payah cari minyak itu orang2 kafir, si Muslim bertaqwa ini hanya menikmati hasil nya…, hebat bukan? saya rasa ini janji Allah sesuai surat di atas,
Nah, kalo ada minyak pasti ada uang, uang yang sangat banyak, uang nya untuk siapa? ya untuk penguasa Arab ya? Tapi alhamdulillah, karena penguasa Arab ini (Keluarga Saud) adalah orang2 yang sangat menghormati Ulama, pengelolaan uang di atur sesuai hukum syariah, ada Zakat, tidak ada pajak, ada tunjangan untuk rakyat miskin, pembangunan Masjid Haram, dan semakin mudahlah rakyat mereka mendapatkan uang. Dari uang ini juga, ummat islam memiliki tempat ibadah suci yang paling moderen di dunia, bandingkan dengan tempat suci agama2 lain..
Arab saudi sangat melindungi warga aslinya, gaji pegawai negri, minimal 8000 riyal untuk tingkatan paling rendah, gaji standard guru biasa, bisa 2x nya, saya pernah tanya petugas telkom yang benerin kabel di depan apartemen saya, orang Saudi, saya tanya gajinya..,dia bilang gaji saya kecil, cuma 8000 riyal…, weleh…, untuk seorang pengangguran warga Saudi Asli, akan mendapat tunjangan 3000-4000 riyal tergantung kondisi mereka, punya anak atau tidak. Asal tau saja satndard gaji pembantu indonesia, itu 800 riyal (sebenarnya 1500, tapi dipotong asuransi dll) .., jadi bisa bayangkan tidak, seorang pengangguran di saudi bisa dan mampu membayar pembantu.
Kembali ke masalah kerja, saya merasa ada yang salah dengan kehidupan kita, berangkat pagi2 subuh tapi rezeki ko cuma segitu2 aja.., kenapa?
Saya membaca buku Satanic Finance, Tulisan A Riawan Amin, mantan direktur bank Muammalat, mungkin bisa membuka pikiran kita, dari buku ini saya baru menyadari “Riba/interest/Bunga” akan mengakibatkan “orang2 akan bekerja lebih keras, lebih giat, karena mereka harus mendapatkan uang lebih untuk membayar bunga hutang-hutang mereka”. 

Bisa kita bayangkan, di Indonesa, Suami kerja, Istri kerja, berangkat pagi2, bermacet macet dimotor, berjejal jejal di KRL dan Busway, untuk apa? hanya untuk mendapatkan uang untuk membayar cicilan rumah, cicilan mobil, asuransi, kartu kredit, dan hutang-hutang lainnya. Bertahun2 mereka melakukan itu supaya lunas, tapi apakah seperti itu tujuan hidup kita, setelah hutang lunas, kita terkena sakit, tua dan akhirnya di wariskan, syukur kalo sudah lunas, kalo belum, kasihan anak2 kita…

Itulah jahatnya riba, saya baru mengerti kenapa Allah sangat mengharamkan riba, dosa besar.
Di Arab Saudi, praktik Riba sangat dilarang, baik di bank2 maupun di tempat lain, mereka memang menawarkan juga kredit2 untuk rumah dan lain2, tapi tetap dalam koridor syariah yang murni. Saya pernah mendengar berita ada sebuah bank Asing, ketahuan melakukan praktik riba, oleh pemerintah Saudi bank tersebut ditutup selama 2 bulan, untuk dilakukan audit dan pemeriksaan, dan mereka memberikan denda sebagi sanksi. begitulah cara Pemerintah Saudi melindungi rakyatnya agar tetap Syarii.
Di Indonesia? ga usah warganya, pemerintahnya saja sudah banyak hutang dan ribanya harus di bayar bertahun tahun.., gimana mau jadi thoyibatun marobun gofur..?
Surga di telapak Kaki ibu.

Orang Arab itu bodoh…, itu stigma yang saya dapat sebelumnya, point ini juga yang membuat saya terbuka hati dan iman saya mengenal rahasia hidup sunnah. Sebagai seorang manajer, saya tentunya mempunyai beberapa orang staff, ada orang Yaman, Ada India, ada Arab. Tentunya yang saya ceritakan adalah staf yang orang Arab ini, masih muda, tinggal bersama orang tua nya. Suatu hari dia tidak masuk, tanpa kabar yang jelas, padahal saya perlu dia. Kemudian saya telpon dia untuk menanyakan kenapa dia tidak masuk hari ini. Dia bilang badan nya agak kurang sehat, tapi di menjelaskan walaupun kurang sehat sebenarnya masih kuat untuk ke kantor. So saya bilang kenapa ga ke kantor saja?, saya perlu kamu. Agak kesal juga saya mendengarnya (dasar Arab males..). Dengan sangat sopan tapi yakin dia menjawab, tidak di izinkan oleh “ibunya”. WOW.. makin kesel saya, agak sedikit mengancam saya memaksa dia untuk masuk.., Dan ini jawaban anak Arab itu yang membuat saya terpana… ” Malis Mudir” (Maaf Boss), saya lebih baik dipecat sama anda, daripada saya melawan keinginan ibu saya, beliau memaksa saya untuk istirahat dan tidak berangkat, buat apa kerja kalau tidak didoakan ibu saya… PLAK.. serasa ditampar muka saya.  Ummi is everything, ummi is the boss.. Hanya orang yang beriman tinggi yang meyakini sunnah dan hukum Allah yang berani bicara seperti ini, dia masih jauh lebih muda dari saya. Allahu akbar, saya jadi ingat sama ibu saya, kalau kita di Indonesa, permintaan ibu seperti itu tidak akan kita anggap, malah kita akan memarahi ibu kita, atau protes atau menentang nya, “Kalo ibu larang, saya pasti dipecat dong bu…” atau semacam nya… , Masya Allah. 
Anak muda Arab ini sangat yakin, bahwa ibunya lah, doa ibunya lah yang akan bisa menyelamatkan dia, bukan si Boss dikantor. 

Kadang dari sudut pandang orang sekuler, menuruti keinginan ibu yang ga jelas itu, adalah suatu kebodohan, ya kebodohan, spt bayangan saya terhadap anak Arab itu, bego banget sih?. Setelah sekian tahun saya menyadari, ternyata kebodohan yang fatal sebenarnya adalah melawan dan menyakiti ibu. 

Banyak anak2 zaman sekarang yang hidupnya hancur, berantakan, karena melawan dan menyakiti ibunya, atau ibunya tidak mampu mendoakan anak2 nya, karena buta agama.
Di Arab, saya bisa melihat begitu besar bakti anak kepada ibunya, pada saat umroh, saya pernah melihat seorang laki2 yang mendorong ibunya dengan kursi roda melawan arus jalan orang yang ramai, laki2 itu di marahi oleh orang2 yang lewat, tapi dia tetap tidak peduli, dia hanya ingin menuruti keinginan ibunya untuk didorong ke arah yang berlawanan. Demi seorang ibu dia ikhlas dimarahi orang2, yang penting keinginan ibunya terpenuhi… Masya Allah.
Kotak Amal..?

Di Indonesia, kalo kita sholat jum’at, atau ada majelis dll, pasti didedarkan sebuah kotak, kotak yang ada lubang nya seperti celengan, itulah kotak amal. Pertama kali saya jumatan di sebuah mesjid di Jeddah, saya juga berpikir akan mengalami hal yang sama, saya sudah menyiapkan beberapa lembar uang riyal untuk saya masukkan nantinya kekotak amal. Setelah sholat jumat, saya baru sadar ternyata tidak ada kotak amal, padahal saya sudah niat sedekah. Saya clingak clinguk mencari kotak, tapi sama sekali tidak ada. Alhasil, saya bertanya kepada seorang jemaah Arab, saya mau sedekah ke mesjid, dia sambil tersenyum menjelaskan, ga perlu, masjid2 di sini sudah ditanggung operasionalnya oleh orang2 kaya arab, mereka tidak perlu lagi meminta uang ke jemaah. Kalaupun ada malah masjid yang memberi uang kepada jemaah yang membutuhkan, jadi mesjid di sana biasanya menjadi tempat mengadu dan tempat memohoh bantuan. Dan menurut mereka, untuk ukuran pekerja asing spt kita, kita tidak diwajibkan bayar zakat, malah harusnya diberi infaq dan sedekah. Bayangkan, kita ini orang2 asing yang harus diberi sedekah, karena yang “berhak” memberi sedekah dan zakat adalah orang Arab si tuan rumah. WOW..

Ulama-ulama pun, kehidupannya dijamin oleh pemerintah, tidak harus menerima dari jemaah, jadi tugas mereka penuh hanya untuk mendidik rakyat dan ummat untuk menjadi muslim yang sunnah dan syarii..
=Alhamdulillah ke banjiran..dan kecopetan.

Orang Arab yang Aneh.. mungkin kita berpikir seperti itu.

Salah satu ke-Ihsanan yang tinggi adalah menyikapi musibah dengan bersyukur (ini saya dapat dari salah satu Ustadz Sunnah di Jakarta baru2 ini).

Saya benar2 mengalami hal di atas saat dulu waktu di Arab, dan belum menyadari ilmu ini.

Saat itu saya ingat banjir besar di Jeddah, tahun 2011 awal, beberapa rumah dan apartement terendam banjir, mobil2 terbawa arus, buat mereka ini sesuatu yang luar biasa. 

Salah satu orang Arab kenalan saya, rumahnya juga hancur terendam banjir, sebagai teman saya ingin menyampaikan keprihatinan saya. Yang saya heran dia hanya mengucapkan ‘Alhamdulillah, Alhamdulillah’, berulang ulang. Waktu saya berpikir apa mungkin dia menjadi stress ya?.. aneh juga …
Kejadian ke dua, saat istri saya mengalami musibah kecopetan.

Karena yang hilang adalah surat2 penting, seperti ID-Card maka kami harus melaporkan ke Polisi.

Setelah membuat laporan dihadapan Kepala Polisi tersebut hanya mengatakan, ‘Alhamdulillah, Alhamdulillah’. Saya masih belum mengerti apa maksudnya, istri saya juga, dia menjadi kesal karena kita mendapat musibah ko dia malah bilang Alhamdulillah…
Ya begitulah, cara2 islami orang Arab dalam mensikapi musibah. Mereka selalu menunjukan dengan rasa syukur bukan minta dikasihani dan berlarut larut dalam kesedihan.
=Doa untuk jenazah.

Beberapa kali saya mendatangi kerabat yng meninggal di Arab, pernah orang indonesia, pernah juga orang Arab. Jarang sekali saya dapati, ada jenazah disemayamkan di rumah, prosesi pemandian, pengkafanan tidak dilakukan dirumah/ apartemen. Tapi ditempat khusus. kemudian langsung di bawa ke masjid untuk di sholatkan, lalu dimakamkan. Untuk beberapa orang Arab yg khusus, ada yang sengaja dibawa ke Masjidil Haram untuk disholatkan di sana. Kebetulan ada orang tua pemilik perusahaan tempat saya bekerja meninggal dan kami turut pergi ke Mekkah untuk mensholatkan orang tua beliau di Masjidil Haram. Pada waktu sholat, ternyata ada beberapa jenazah lain yang akan disholatkan juga didepan ka’bah. Yang menarik pada waktu jenazah akau diletakkan di depan Ka’bah, ratusan jemaah berebutan untuk mengusung jenazah2 tersebut, kita tidak mengenal siapa mereka, dan merekapun tidak mengenal siapa jenazah yang mereka usung. Saya merasa agak aneh, saya pikir mereka bagian dari keluarga, ternyata tidak. Mereka berebutan satu sama lain untuk memegang tandu jenazah untuk dibawa ke depan Ka’bah. Setelah saya tanyakan kenapa seperti itu, teman saya menjelaskan, pahala mengusung jenazah itu sangat besar apalagi kalau jenazah orang mulia dan ini kita berada di Masjid Haram, pahala nya akan dilipatkan lebih besar lagi. (ini yang tidak ada di indonesia, kalau perlu kita bayar orang untuk mengusung jenazah keluarga kita, soalnya berat)

Satu hal lagi yang menarik pada prosesi pemakaman, setelah jenazah dikuburkan, jemaah diperkenankan berdoa, tetapi mereka menekankan dengan tegas, berdoa menghadap kiblat, tidak menghadap ke kuburan.

jadi semua orang yang ada dikuburkan, berdiri ditempat masing2, berdoa menghadap kiblat, tidak seperti di Indonesia, kita berdoa disekeliling kuburan mayit. Mereka sangat mengingatkan hal ini, terkait dengan kemungkinan ada nya unsur syirik, kalau berdoa menghadap kuburan. Subhanallah..
=Kesetaraan jender, family country…

Hak-hak perempuan sangat rendah di Saudi Arabia, itu yang sering kita dengar. Termasuk pemahaman saya juga saat itu, karena di Saudi, wanita tidak boleh menyetir, tidak boleh ke kuburan, dan lain-lain.

Hal itulah yang dibesar-besarkan oleh media barat dan pembela HAM. 

Padahal kalau mau dipahami lebih dalam, kenapa mereka memperlakukan seperti itu? Karena perempuan adalah mahluk “Mulia”, yang harus dilindungi, dilayani, didahulukan, dihormati. Sebagaiman perempuan sebenarnya. Mereka tidak perlu bekerja mencari nafkah (Janda2 disantuni pemerintah), tidak perlu antri, kalau ada perempuan mereka didulukan, yang laki2 harus ngalah.
=Beberapa pengalaman terkait masalah ini:
1. Pintu Mall yang utama hanya boleh dimasuki oleh perempuan dan keluarga, untuk single laki2 tidak boleh lewat pintu utama, harus lewat pintu samping yang jauuh.
2. Dalam urusan antri, golongan yang paling sial adalah para lelaki, mereka harus mengalah dan mundur kebelakang kalo ada perempuan, dalam beberapa situasi biasanya ada antrian khusus perempuan, dan biasanya mereka dilayani lebih cepat di bandingkan antrian laki-laki. Makanya kalo di Macdonald, Al baik, saya biasanya ajak istri saya, biar dia saja yang antri….
3. Dalam situasi apapun, perempuan selalu dibenarkan, walaupun mungkin membuat kesalahan, kalau ada masalah atau apapun, yang akan diminta tanggung jawab adalah laki-laki. Saya pernah melihat, seorang perempuan menyebrang sembarangan dan mendadak, menyebabkan mobil yang lewat menginjak rem sekuat2 nya, sehingga hampir terjadi kecelakaan, tetap polisi tidak akan menyalahkan perempuan.
4. Perempuan dan keluarga adalah segalanya. Kalau kita bepergian, kalo di indonesia, perempuan dan lelaki dalam satu mobil tidak akan menjadi masalah, beda di Saudi Arabia. Kalian akan dituduh zina, kecuali bisa membuktikan anda suami istri. Beda ceritanya kalo anda berdua dimobil dan didalamnya ada anak2, berarti anda adalah keluarga, untuk keluarga siapapun tidak bisa/berani menganggu, baik polisi, keamanan, keluarga selalu diutamakan. Mereka didahulukan di mana saja, di restoran ada tempat untuk Family/Women dan Man (mereka dipisah antara Bujangan, family/women). Buat yang masih bujangan, harus siap mental untuk dikebelangkangkan, dipinggirkan, dan dicurigai. Makanya cepat nikah..
=Tingkat keamanan yang tinggi.

Saudi Arabia, walaupun terdapat jutaan pekerja Asing, dari tukang sampah sampai direktur. Pemerintah nya sangat melindungi dan mendahulukan rakyat nya daripada kita para pendatang ini.

Dalam beberapa urusan administrasi kependudukan, antrian akan selalu dibedakan antara orang asing dan warga negara Arab dan antrian penduduk Arab asli akan didahulukan. (Beda dengan indonesia, china2 dan bule kaya diduluin, pribumi ngalah).

Belum lagi mengenai ktp untuk orang Asing (Iqomah), Saudi Arabia memiliki system online yang canggih untuk membuat orang asing tidak berkutik dan macam2, karena data iqomah kita langsung online ke data biometrik di imigrasi(Sidik Jari, kornea mata) dan apabila kita bikin SIM, data akan terhubung langsung.  
Saya ada contoh, teman saya orang India, dia pernah melakukan pelanggaran lalu lintas dan kena tilang, tapi tilangnya dia tidak bayar2. Pada saat dia ingin cuti pulang ke negaranya, di imigrasi tidak dikasih keluar, dia harus bayar denda 2000 riyal, karena data tilang nya muncul di imigrasi. Itu baru data pelanggaran lalu-lintas, lalu bagaimana dengan data pelanggaran hukum lainnya, spt berkelahi, mencuri, dll.. pasti tercatat secara online. Kalau sudah berat, biasanya orang asing sudah tidak bisa masuk lagi ke Saudi, dan data orang ini juga bisa dicek di seluruh negara2 teluk, karena sistem informasi mereka saling terhubung. Walaupun mengganti nama di passport, tetap bisa dilacak dari sidik jarinya.
Contoh berikutnya adalah saya sendiri, waktu proses pembuatan SIM mobil di Saudi Arabia, setelah mengikut testing, pada waktu pembuatan SIM tidak ada proses foto, jadi saya berpikir di SIM itu tidak ada fotonya. Setelah SIM nya jadi, saya liat ada foto saya, saya heran kapan saya fotonya?..setelah saya amati dengan seksama, foto itu adalah foto saya waktu masuk pertama kali ke Arab Saudi, foto itu dibuat di imigrasi, jadi saya berkesimpulan data imgrasi saya langsung terhubung ke data SIM saya.
Bandingkan dengan indonesia, orang asing bisa bebas melakukan apasaja, menipu, mabok, buka warung, jualan narkoba, tanpa ada catatan di imigrasi, mereka bisa bebas kabur begitu saja, dan masuk lagi tanpa hambatan, apalagi sekarang banyak juga yang bisa bikin ktp palsu….
=Tidak ada gading yang retak.

Sebaik2nya sesuatu pasti ada kurangnya juga, di sana juga ada Abu Lahab dan Abu jahal, disamping ada orang2 baik hati. Ada polisi korup, ada tukang tipu, samalah dengan Indonesia atau negara lainnya. Jadi saya anggap, kalau suatu kejelekan atau aib itu bisa terjadi dimana saja. 

Cerita ini saya tulis bukan untuk menjadi ajang perdebatan, tetapi saya berharap menjadi sumber inspirasi betapa negara yang berdasarkan Syariat Islam murni adalah tempat terbaik sesuai janji Allah. Tentunya tidak lepas dari keterbatasan ilmu dan wawasan, semua ini murni pengalaman pribadi dan tidak untuk merendahkan atau menjelek2an siapapun.

Saya mohon maaf sebesar2 nya kalau ada kesalahan kata2.
Wassalamualaikum Warohmatullohiwabarokatuh.

Ridwan
Proses hidayah menjadi sunah tidak sebentar.
#repost

Tentang Otak

Kita bahas dulu tentang *OTAK*
Tahu apa itu OTAK?

PENGETAHUAN TENTANG OTAK

*OTAK SADAR* dan *OTAK BAWAH SADAR*

Otak adalah salah satu karunia TUHAN YME yg luarbiasa kepada manusia. Semua gerak tubuh kita, ucapan dan perbuatan, adalah buah dari apa yg kita pikirkan. Pikiran dan hati, adalah rahasia besar yg sedikit kita ketahui. Allah berikan pikiran dan hati yang sama kepada manusia, namun dengan sifat dan potensi yg beraneka, yang unik untuk setiap individu. Maha Suci Allah, yang memberikan *kesempatan yang sama* agar setiap kita BERHASIL, SUKSES, dan BAHAGIA. 

Apakah kita lahir dari ortu sederhana atau kaya raya, ataukah kita tinggal di desa atau di kota, atau kita hanya makan bangku SD atau lulusan S3 luar negeri, punya profesi sebagai petani, pegawai atau pedagang; semua kita diberi kesempatan YANG SAMA. 
Jadi untuk sukses, bahagia dan kaya adalah hak kita semua. Keyakinan ini, yang kita tanam dalam pikiran kita, adalah salah satu modal utama untuk sukses. 
Saya sudah punya pikiran yang positif, punya target, bersemangat untuk mencapai ya dan sudah bekerja keras untuk itu. Tapi kok belum sukses juga? Tapi kok belum kaya juga? Tapi kok bla bla bla… Apakah anda pernah berpikir demikian? Jangan khawatir, banyak temannya 😀. 
Jadi yang jadi pertanyaan diantaranya adalah:

📌 Bagaimana cara menanam mind set sukses itu?

📌 Apa tandanya bahwa pikiran sukses itu sudah tertanam?

📌 Pikiran yang mana? 

📌 Apa efek nya yang secara nyata bisa kita lihat?

📌 Potensi apa saja yg bisa kita gali? 
 Dan masih banyak pertanyaan yang lain.

____

2.

*OTAK SADAR* dan *OTAK BAWAH SADAR*
OTAK SADAR
Para pakar membagi otak kita dalam beberapa kategori, diantaranya:
1. OTAK SADAR, yakni potensi otak yang kita pakai untuk berpikir rasional, logis, analisis, ego… Intinya otak yang sehari2 kita pakai untuk BERPIKIR secara sadar. Baik itu *otak kanan* (yg suka warna, imajinasi, berpikir global, tidak runtut, dsb) ataupun *otak kiri* (yg suka data, sistematis, detil, rasional, dsb).
Sebagai contoh adalah ketika anda pertama kali belajar menyetir mobil. Anda akan berpikir dulu, oh saya harus masuk gigi netral dulu sebelum menghidupkan mesin, lalu setelah mesin hidup lihat depan, belakang, kanan kiri lewat spion. Baru setelah aman, masukkan gigi 1, lalu tekan pedal gas sambil lepaskan kopling secara perlahan, sampai mobil berjalan, dan seterusnya…..

Wuihhh…jalan seratus meter aja, keringat sudah bercucuran 😁😣
Tiap langkah kita akan berpikir, baru kemudian kita lakukan. Apa yang anda rasakan? Lambat, stress, capek, tidak lancar, penuh kerja keras, khawatir, banyak salah, dsb. Betul begitu?
Lalu bagaimana ketika anda sudah lancar? Anda hampir “tidak pernah berpikir” kan? *Sebenarnya anda hanya memindahkan proses itu dari otak sadar ke otak bawah sadar*, seperti mesin yang tadinya berjalan manual kemudian kita rubah menjadi otomatis dg memasang komputer dan meng install program nya. Jadi otak sadar ini adalah tempat pembentukan “sesuatu” yang ingin kita install atau tanam ke dalam otak bawah sadar kita. Setelah dia ter install, maka proses akan bekerja secara otomatis.

Otak sadar ini bekerja pada *frekuensi beta*, yakni saat kita sadar sepenuhnya, saat kita beraktivitas normal sehari hari, bekerja belajar bersosial dan sebagainya. *Apa yang kita pikirkan terus menerus*, kita jadikan kebiasaan, kita sangat yakini kebenaran nya, pengalaman masa kecil atau masa lalu, atau pengalaman yang sangat emosional, yang tadinya kita pikirkan atau kita tangkap dengan otak sadar, akan masuk secara otomatis ke dalam otak bawah sadar. 
Otak sadar ini punya potensi berkisar 8% dari keseluruhan potensi otak manusia. Jadi masih ada sekitar 88% potensi yang terpendam dalam bagian otak bawah sadar.

 Bisa terbayang seberapa besar potensi itu? Dan bagaimana efeknya terhadap kehidupan kita?

____

Cara kerja otak ada 2

 Otak Sadar dan Otak Bawah sadar
Berikut kita bahas penjabarannya

*OTAK SADAR* dan *OTAK BAWAH SADAR*
*OTAK BAWAH SADAR*
Ini adalah salah satu materi utama dalam grup kita. Seperti yang saya posting di materi ke4, otak bawah sadar (sub-conscious mind) memiliki potensi yg jauh lebih besar daripada otak sadar (conscious mind), yakni 82% dari total potensi otak manusia. Sayangnya, ilmu tentang bagaimana memanfaatkan potensi nya tidak diajarkan disekolah. 
Otak sadar hanya bekerja saat kita sadar/bangun/terjaga, sementara otak bawah sadar bekerja 24jam sehari. Bahkan semua organ kita digerakkan juga oleh otak bawah sadar. 
Secara ringkas, Otak Bawah Sadar berfungsi memproses:

1. Kebiasaan 

2. Perasaan 

3. Memori jangka panjang 

4. Keyakinan

5. Citra diri / kepribadian 
Kalau otak sadar bersifat memilih, maka otak bawah sadar tidak memilih, tetapi hanya menerima dan melaksanakan. Apa saja program atau instruksi yang dimasukkan dari otak sadar ke otak bawah sadar akan diterima dan dilaksanakan, tidak mengenal benar atau salah, baik atau buruk, bahkan tidak peduli apakah itu hanya khayalan atau sungguhan, baru rencana atau sudah terjadi. 
Saat anda memasukkan program “badan saya segar, sehat dan kuat”, maka otak bawah sadar akan melaksanakan instruksi tersebut, membuat semua hal yang mungkin untuk mewujudkan nya. Tiba2 anda tertarik untuk membaca artikel tentang kesehatan, menjadi rajin untuk olahraga, sangat peduli dan hati2 terhadap makanan yang tidak sehat, teman yg biasanya tidak pernah mengajak joging tiba2 mengajak anda lari pagi, bahkan otot2 tubuhpun akan bereaksi sehingga benar2 menjadi lebih segar, sehat dan kuat. 
Saat anda masukkan program “saya bekerja di perusahaan minyak, di kota A, dengan gaji sekian ribu US$”, maka secara ajaib email anda akan di banjiri tawaran pekerjaan, dari perusahaan minyak! Tentunya kalau memang profesi anda disitu.
Atau kadang anda hanya punya keinginan simpel, “saya kangen dengan kawan SD dulu, sahabat sebangku, dimana ya dia sekarang?” Keesokan harinya, saat anda pesan gojek, ternyata sang driver adalah dia, kawan SD anda itu!!! 
Semua akan berjalan otomatis. Effortlessly… Nyaris tanpa usaha yang berarti. Semua “melayani” anda!!!  Ajaib!!! 
Sadar atau tidak selama ini anda sudah memasukkan banyak program. Mungkin ada yg sesuai keinginan sadar anda, tetapi ada atau bahkan banyak yang justru menyabotase keinginan sadar  anda. 
Misal anda sangat sayang kepada pasangan anda dan ingin rumah tangga anda bahagia, tapi otak bawah sadar anda penuh dengan pikiran negatif, termasuk terhadap pasangan anda. Akibatnya, seringkali tanpa sadar anda akan menyakiti perasaannya, meremehkannya, lisan anda sering menghinanya, sulit menerima kesalahannya, dan sebagainya. Ujung-ujungnya bukannya keharmonisan yg anda dapatkan, tapi malah keluarga anda bagaikan pilkada DKI yang panas, ruwet, penuh intrik kampanye hitam dan hoax,  menguras energi, dan siapapun yang menang meninggalkan bekas luka yang dalam 😣. 

Dan sebaliknya, ketika otak bawah sadar anda sejalan dan selaras dengan keinginan sadar anda, maka semua hal akan meng harmonisasikan diri nya, menyelaraskan dengan keinginan bawah sadar anda, si dia akan menjadi semakin pengertian, bertambah sayang, hati anda pun lapang, sehingga membuat anda semakin menunjukkan rasa cinta kepada pasangan dalam ucapan dan perbuatan anda, sehingga keluarga yang bahagia, sakinah, mawaddah wa rahmah pun menjadi terwujud. 
Kok bisa begitu? 

Bagaimana cara kerjanya? 

Bagaimana membuat program yg betul?

___

4.

*OTAK SADAR* dan *OTAK BAWAH SADAR*
*GELOMBANG OTAK*
Dunia kita ini penuh dengan gelombang elektromagnetik; misalnya gelombang televisi, gelombang operator seluler/handphone, gelombang radio, gelombang walkie talkie, dsb. Sebuah gelombang akan bisa diterima atau bereaksi ketika ditangkap oleh alat yg pas, yang mampu menerima gelombang yg dipancarkan dan dirubah menjadi sesuatu yang bisa diterima indra manusia. Gelombang televisi akan berguna ketika punya televisi dan ditangkap, ditayangkan dalam bentuk gambar dan suara. Kalau gelombang handphone tidak bisa diterima oleh televisi kita, tapi hanya bisa diterima oleh handphone kita. Begitu cara kerjanya secara garis besar. 

Masing2 gelombang tersebut punya frekuensi yang berbeda. 
Dan pada dasarnya, semua benda punya frekuensi yang berbeda beda juga. Contoh: saat pelajaran tentang garputala di SD dulu, ketika garputala A digetarkan maka ketika didekat kan dengan garputala B yang punya frekuensi yang sama, maka garputala B secara otomatis akan ikut bergetar.
Demikian juga dengan otak kita. Dia memancarkan gelombang dengan frekuensi tertentu. Ada dua gelombang disini, yakni:

A. gelombang otak itu sendiri (yg terjadi karena proses yg bekerja di dalamnya) dan 

B. gelombang yang ‘dipancarkan’ oleh otak.
Kita bahas gelombang yang A dulu. 

Ada 4 kondisi atau gelombang otak kita:

1. *BETA* , yakni ketika otak bekerja pada frekuensi 12-25 hertz. Kondisi ketika otak kita sedang ‘sibuk’, kita sedang terjaga sepenuhnya, dengan konsentrasi penuh, saat melakukan aktivitas bekerja, bermain, berbelanja, berolahraga, dsb. 

2. *ALFA* , yakni ketika frekuensi gelombang otak kita turun menjadi sekitar 8-12 harta. Kondisi kita sedang terjaga tetapi santai, rileks, seperti saat menjelang tidur, saat bersantai ditahan yang luas dan sejuk, saat berdoa, dll. 

3. *THETA*, yakni ketika frekuensi gelombang otak kita turun lagi menjadi 4-7 Hz, saat kita terkantuk, saat sholat khusyu’, saat orang bermeditasi. 

4. *DELTA*, yakni gelombang otak paling rendah utk manusia yg hidup, frekuensi 0.4-4 Hz, ketika kita tidur pulas. 
Semua kita mengalami semua kondisi otak tersebut. 
Otak bawah sadar bekerja di gelombang ALFA dan THETA. Tabir penutup antara otak sadar dan otak bawah sadar (RAS) akan terbuka di frekuensi ini. Untuk mem’program’ otak bawah sadar kita harus masuk minimal ke kondisi ALFA. 
Teknik hipnosis, NLP, NAC, terapi psikologi, dan banyak lagi yang sejenis bekerja di frekuensi ini.
Karena kita semua mengalami kondisi2 tersebut, otomatis kita juga secara tidak sadar sudah memprogram otak bawah sadar kita. Ini yang perlu dirubah, bagaimana caranya agar kita ~secara sadar~ memprogram otak bawah sadar untuk tujuan kemaslahatan hidup kita?? 
Sebelum itu, kita harus tahu bagaimana rasanya ketika kita berada dalam kondisi Alfa. Sehingga ketika paham, kita bisa menginstall apapun dan kapanpun kita mau.
Mari kita praktekkan:

1. Cari tempat yang tenang, misal di kamar tidur anda. Siapkan kondisi tubuh dan pakaian anda yang nyaman. 

2. Buka / cari suara relaksasi yg banyak di youtube/google

3. Keraskan volume nya yang cukup agar anda bisa mendengar dengan jelas, tapi tidak terlalu keras./gunakan headset

4. Duduk atau rebahkan diri anda di alas yang nyaman, lalu dengarkan suara alam yang anda putar tadi.

5. Relaks kan semua anggota tubuh, bebaskan pikiran anda, tarik nafas dalam dalam secara teratur sebanyak 10x, rasakan semua otot anda menjadi rileks. 

6. Bayangkan anda sedang berlibur ke sebuah kampung. Anda sedang duduk duduk atau rebahan ditepi sebuah sungai. Sekitar jam 6 pagi, langit cerah, udara sejuk. Bayangkan apa yang anda rasakan saat itu, sambil terus mendengarkan suara gemericik air yg anda mainkan tadi. Tahan kondisi ini selama 5 menit. Dan rasakan bagaimana perasaan anda. 

7. Setelah anda merasa nyaman, silakan berhenti dan ulangi lagi setelah melakukan aktivitas lain sejenak.
Atau bisa menggunakan audio peningkatan plafon rezeki berikut ini

____

5

*OTAK SADAR* dan *OTAK BAWAH SADAR*
*VIBRASI OTAK*

Pada materi diatas kita sudah bahas tentang gelombang otak, yakni “tingkat kesibukan” otak kita. 

Sekarang kita akan pelajari tentang VIBRASI otak, yakni gelombang yang dipancarkan KELUAR dari otak kita. 
Saya pernah menjemput ibu di bandara, Soeta, tapi lupa untuk menanyakan no penerbangan dan jam nya. Saat saya hubungi, no hp ibu sudah mati. Akhirnya saya pergi saja ke bandara, dari pagi. Setiap ada pesawat mendarat saya siap di pintu keluar. Tapi belum juga bertemu beliau. Hingga saya hampir putus asa dan mau pulang. Saat ashar saya sholat, lalu berdoa berharap ibu menelpon saya. Baru saja saya berdiri, ada telepon masuk dari nomor yg tidak terdaftar. Saya angkat, ternyata… Ibu! Hp beliau low bat, sehingga harus pinjam petugas bandara utk menghubungi saya. 
Saya yakin setiap kita pernah mempunyai pengalaman semacam itu. 
Seperti yang kita sudah singgung, tentang garpu tala, bahwa setiap benda mempunyai frekuensi gelombang tertentu. Kalau ada benda lain yang bergetar atau memancarkan gelombang dengan frekuensi yang sama, maka benda tersebut akan ikut bergetar, tanpa disentuh.

Gelombang tertentu hanya bisa ditangkap oleh alat tertentu, misal: gelombang radio hanya bisa ditangkap oleh radio. Bahkan ada yang lebih spesifik, seperti HP, ketika menelepon nomor tertentu, maka hanya nomor itu yang bisa menangkap gelombang yang kita kirim lewat HP. 
Saat ke jepang, saya lihat teknologi utk mengemudikan pesawat dengan pikiran. Ada semacam helm khusus dengan antena, yg dipakai oleh si pengendali dan berfungsi memperkuat gelombang otak yang dipancarkan nya, sehingga bisa ditangkap oleh pesawat. Ketika si pengendali “berpikir” – belok kanan-, maka pesawat pun akan berbelok ke kanan.
Demikian juga dengan otak kita.

Dia mengeluarkan getaran2, yang akan ditangkap oleh orang yang memiliki frekuensi getaran yang sama. Itulah kenapa, seseorang biasanya berkumpul dengan orang yang “sejenis”. Bahkan Nabi shallallahu alaihi wa salam pernah bersabda yang artinya “seseorang itu sesuai agama temannya”. Baik tidak nya seseorang diantara cara melihat nya adalah dengan melihat siapa saja temannya. Dengan siapa saja biasanya dia berkumpul!
Semua kita memiliki gelombang itu, frekuensi nya berbeda2 sesuai dengan apa yang ada di pikiran kita. Ada yang sifatnya jangka panjang, ada yang jangka pendek. Masih ingat apa saja isi otak bawah sadar kita kan? 
Itulah the *Law of Attraction*, hukum tarik menarik, yang berlaku universal di alam semesta ini. Sesuatu akan menarik yang sejenis. Suatu gelombang akan menarik sesuatu yang berfrekuensi sama. 
Lalu bagaimana memprogram pikiran kita, otak bawah sadar kita, agar selaras dengan yang kita inginkan? 
Sadar kah anda bahwa banyak hal yang sangat kontradiktif diluar sana, yang sudah terlanjur kita yakini dan masuk dalam otak bawah sadar, sehingga membuat kita menjadi apa yang saat ini kita dapati diri kita. 
“Sekolah yang pinter, biar gampang dapat kerja ”

” Ijazah cuma SMA , mau ngapain kamu? Yang sarjana aja pengangguran aja banyak.
Ada kalanya kita menginginkan sesuatu,_otak sadar kita yang ingin_; tapi otak bawah sadar kita tidak ingin. Siapa yang menang?? 
Dalam sebuah Hadits qudsi yang inshaAllah shahih, Allah Subhanahu wata’ala berfirman yang artinya, “Aku adalah sesuatu prasangka hamba Ku. Kalau hamba Ku *menyangka aku baik*, maka *dia akan dapati Aku baik*. Tapi kalau hamba Ku menyangka yang sebaliknya maka dia akan dapati Aku seperti yang di sangkakan nya”. 
Pertanyaan : dimana letak Prasangka? Di otak bawah sadar. 

Jadi ketika anda berdoa minta ini Itu _dengan otak sadar_, tapi otak bawah sadar anda menolaknya, tidak percaya bahwa yang diminta itu bisa terjadi, maka siapa yang akan menang? 
Lebih parah lagi, kadang anda bahkan tidak tahu apa yang diminta. Bingung mau minta apa. Otak bawah sadar anda juga bingung, kacau. Tidak tahu pengin apa. Kenapa?… Karena pikiran anda tidak fokus, terlalu sibuk berpikir, terlalu sibuk berprasangka, slalu dalam kondisi Beta. 
Ketika anda masuk kondisi Alfa, inshaAllah anda akan bisa berpikir lebih jernih, bisa menentukan “doa yang tepat”, mantap dengan apa yang anda inginkan, bisa memprogram dan memanfaatkan kekuatan otak bawah sadar anda. Kemudian anda bisa menentukan gelombang macam apa yang anda inginkan keluar dari otak anda, anda bisa tentukan vibrasi macam apa yang anda kehendaki agar bisa “dipancarkan ke semesta, dan ditangkap oleh orang yang tepat”. Lalu dengan mekanisme alam semesta ,maka keinginan2 kita inshaAllah akan terwujud. 
Bukankah Allah Jalla Wa ‘Ala sudah berjanji, “berdoa lah niscaya akan Aku kabulkan!” Janji Allah itu PASTI. Jadi kalau doa Anda rasanya belum Allah kabulkan, silakan introspeksi diri. Boleh jadi salah satu alasannya adalah seperti yang saya jelaskan diatas. 
*Jadi, hati hati dengan pikiran anda! Dia bisa membantu atau menghancurkan anda*

____

Skill with people

SKILL WITH PEOPLE
Ketrampilan utk bisa berhubungan dg orang lain itu sangat penting. Sebagian besar kegagalan orang dalam bisnis maupun dalam pekerjaan, bukan karena ketrampilan teknisnya kurang, melainkan karena kemampuan berhubungan dengan orang yg kurang. Kelebihan orang yg akhirnya bisa kaya adalah memiliki kemampuan lebih dalam bergaul dg orang lain. Mereka seperti mengerti jalan pikiran orang lain sehingga bisa mendapatkan manfaat yg sebesar besarnya dalam berhubungan dg orang lain. Orang lain seolah olah mengikut saja apa maunya.
Ketrampilan ini tidak bisa diperoleh hanya dengan teori, tetapi harus terjun langsung. Mereka yg di sekolah tidak pintar tetapi punya ambisi tinggi, biasanya sudah melatih ketrampilan ini sejak di sekolah. *Emotional Quotient (EQ)* nya diasah secara tidak langsung. Karena itu, sebagian orang kaya dan sukses berasal dari mereka yg nilai akademisnya kurang bagus. 
Bagaimana dg kita yg sdh dewasa bahkan tua ? Kalau ingin sukses di bidang keuangan ya mau tidak mau perlu mempelajari ilmu ini dan meningkatkan EQ nya. Bisnis besar selalu berhubungan dengan SISTEM dan JARINGAN. Membentuk kerjasama dengan pihak lain. Kita tidak mungkin berhasil membangun jaringan bisnis kita jika tidak memiliki _people skill_ atau ketrampilan bergaul dg orang yg tinggi.

*MEMAHAMI ORANG DAN KODRAT MANUSIA.*
Langkah pertama utk meningkatkan ketrampilan Anda dalam berhubungan dengan orang adalah memahami orang dan kodratnya dg cepat. Jika Anda sdh memahami orang dan kodratnya, maka Anda tidak akan heran kalau ada orang melakukan ini atau itu. Kita perlu mengetahui dan memahami orang lain sesuai apa adanya. Bukan apa yg Anda pikirkan tentang mereka atau menginginkan mereka seperti apa.
*ORANG ITU TERUTAMA TERTARIK KEPADA DIRINYA SENDIRI, BUKAN PADA ANDA.* Begitu pula, Anda lebih tertarik kepada diri Anda sendiri daripada kepadanya.
Pengetahuan bahwa orang 10.000 x  lebih tertarik kepada dirinya sendiri dibandingkan kepada orang lain bisa jadi pijakan yg kokoh dalam berhubungan dg orang lain.
Sekali lagi, jadikanlah pengetahuan ini menjadi kunci utk menyadari bahwa orang lebih tertarik kepada dirinya sendiri dan bukan pada Anda. Jika Anda ingin berhubungan baik dengan orang lain, belajarlah utk tertarik kepada orang lain, bukan hanya kepada Anda sendiri.

*CARA TERAMPIL BERBICARA DENGAN ORANG.*
Ketika Anda berbicara dg orang, ambil topik yg paling menarik bagi mereka.  Apa topik yg paling menarik bagi seseorang di dunia ini ?
yaitu *DIRI MEREKA SENDIRI*
Ketika Anda berbicara dengan mereka soal diri mereka, maka mereka akan sangat kagum kepada Anda. Mereka akan berpikir baik tentang Anda.
Singkirkan 3 kata ini dari kosa kata Anda “Saya, aku, milikku”. Ganti dengan kata yg paling merdu dan penuh daya yg bisa diucapkan manusia, yaitu ANDA.
Misal ini “milik Anda”, “Anda akan beruntung jika melakukan ini.”. 
Singkatnya mirip investasi, kita mengeluarkan dulu utk mendapat lebih banyak. Jika Anda meletakkan ego dan kepuasan diri Anda dari bicara tentang diri Anda, maka Anda akan mendapat manfaat yg luar biasa dari percakapan itu. Anda akan memiliki kekuatan dan pengaruh yg luar biasa kepada orang itu.
Tak dapat disangkal bahwa ini adalah hal yg sulit dilakukan dan membutuhkan banyak latihan. Tetapi hasilnya sangat berharga sekali.

*CARA TERAMPIL MEMBUAT ORANG MERASA PENTING.*
Sifat manusia yg paling umum, sifat yg saya, Anda dan setiap orang lain miliki. Sifat yg begitu kuat sehingga orang mau melakukan apa saja, baik hal baik maupun hal buruk, adalah *hasrat untuk menjadi penting, hasrat untuk diakui*. Inilah yg membuat anak anak muda masuk geng motor atau apapun dan melakukan hal hal yg melawan hukum dan norma di masyarakat.
Jadi kalau Anda ingin memiliki ketrampilan yg prima dalam berhubungan dengan orang, pastikan untuk membuat orang lain merasa penting. *_Ingatlah, semakin Anda membuat orang itu merasa penting, semakin besar tanggapan mereka kepada Anda_*.
Tidak ada seorangpun yg ingin diperlakukan sebagai bukan siapa siapa. Ketika mereka diabaikan dan dipandang rendah, mereka diperlakukan seperti bukan siapa siapa, sebagai orang yg tidak ada artinya.
Untuk membuat orang lain merasa penting, lakukanlah ke 7 hal ini :
1. Dengarkan mereka. Orang penting layak untuk didengar.

2. Puji dan hargai mereka. Setiap orang haus akan pujian dan penghargaan. 

3. Gunakan nama dan foto mereka sesering mungkin. Ingat bahwa nama kita adalah bunyi terindah di alam ini. Se ramai apapun, jika mendengar nama kita akan memunculkan perasaan yg berbeda.

4. Berhentilah sejenak sebelum menjawab. Supaya mereka merasa bahwa Anda sudah memikirkan pertanyaan mereka itu.

5. Gunakan kata anda, milik anda dll. 

6. Sambutlah orang yg menunggu utk bertemu Anda. Keluarlah sejenak supaya mereka tahu bahwa Anda tahu mereka sudah disana menunggu Anda.

7. Perhatikan setiap orang dalam kelompok. Jangan hanya memperhatikan pemimpin kelompok.

*CARA TERAMPIL UNTUK MENYETUJUI PENDAPAT ORANG.*
Satu langkah paling penting yg dapat Anda lakukan utk menjadi terampil dalam berhubungan dg orang adalah Anda harus menguasai *Seni Bersedia Menyetujui*
Ini adalah salah satu mutiara kebijakan zaman kita. Barangkali tiada hal lain yg akan sangat membantu anda dalam hidup anda seperti halnya tehnik menyetujui yg mudah dilakukan ini.
Selama Anda hidup, jangan pernah lupa bahwa orang bodoh bisa tidak setuju dengan orang lain, dan bahwa dibutuhkan orang yg bijak, orang yg pandai, orang yang berjiwa besar untuk menyetujui orang lain. *Terutama bila orang lain itu jelas salah*. Jadi, meskipun dia mengatakan hal paling bodoh sekalipun, misalnya bumi ini datar, atau matahari itu terbitnya dari barat. Setujui saja, anggukkan kepala Anda dan katakan :”Anda benar sekali”. 
Masih banyak waktu utk meluruskan hal itu, yang jelas tidak dilakukan saat itu. Nanti, besok atau kapanpun bisa, toh dunia tidak akan kiamat hanya karena ada seseorang berpendapat salah. Anda tidak perlu meluruskan secara langsung, pinjami saja buku atau apa. Biarlah buku itu yg meluruskan dan dia akan terjaga kehormatannya krn tidak ada yg tahu kalau dia selama ini salah.
Alasan dibalik seni menyetujui adalah :
1. Orang menyukai mereka yg setuju dg mereka.

2. Orang tidak menyukai mereka yg tidak setuju dengan mereka.

3. Mereka tidak suka jika tidak disetujui.
Begitu Anda tidak setuju akan pendapatnya, maka komunikasi dengan dia sebenarnya *sudah tertutup*. Dia sudah menganggap Anda bukan orang yg sepihak dengan dia sehingga tidak perlu di dengar. Anda bicara sebanyak apapun, RAS (Reticular Activating System) nya akan tertutup rapat. Anda hanya bicara dengan patung yg tersenyum (kalau EQ nya baik) atau marah. Tidak satupun IDE BENAR Anda masuk ke pikirannya.
Jadi, belajarlah utk menyetujui pendapat orang. Tidak mudah terapi bisa jika dipelajari.

*CARA TERAMPIL UNTUK MENDENGARKAN ORANG.*
Semakin Anda mendengarkan, anda akan semakin pandai, semakin disukai dan semakin baik sebagai pembicara.

Seorang pendengar yg baik selalu berhasil jauh melampaui seorang pembicara yg baik dalam hal mendapatkan afeksi atau perhatian orang lain. Ini krn seorang pendengar yg baik selalu membiarkan orang untuk mendengarkan pembicara favorit mereka, yaitu DIRI MEREKA SENDIRI.
Untuk menjadi pendengar yg baik, ada 5 aturan :

1. Menatap orang yg sedang berbicara. Jika kita menganggap dia penting, kita harus menatapnya.

2. Condongkan badan ke pembicara, seolah olah tidak mau kehilangan sepatah katapun. Semakin terbuka mulut Anda (ndomblong), semakin semangat dia bicara. Jika duduk di sofa, duduklah ditepi sofa.

3. Ajukan pertanyaan supaya si pembicara tahu bahwa Anda mengikuti pembicaraannya. Mengajukan pertanyaan adalah bentuk sanjungan yg tertinggi.

4. Ikutilah topik si pembicara dan jangan memotong atau menyela. Tidak peduli betapa tidak sabarnya Anda utk segera beralih ke topik baru.

5. Gunakan kata kata si pembicara seperti “Anda”, “milik Anda”. Hindari menggunakan kata “saya”.

*CARA TERAMPIL UNTUK MEMPENGARUHI ORANG.*
Langkah besar pertama untuk membuat orang melakukan apa yg anda ingin mereka lakukan adalah *mengetahui apa yang akan membuat mereka melakukannya. Atau dengan kata lain mengetahui apa yg mereka inginkan.*
Kita semua berbeda, kita menyukai hal hal yg berbeda. Jangan pernah berpikir bahwa orang lain menyukai apa yg anda suka dan mencari apa yg anda cari.
Jadi ketahui dulu apa yg mereka cari, apa yg mereka suka. Maka Anda dapat menggerakkan mereka dengan mengatakan apa yg ingin mereka dengar. *_Anda hanya menunjukkan bagaimana mereka bisa mendapatkan apa yg mereka inginkan dengan melakukan apa yang Anda ingin mereka lakukan_*
Hanya itu cara Anda bisa menggerakkan seseorang.

Cara *mengetahui apa yg orang inginkan* adalah dengan bertanya, melihat dan _mendengarkan_ mereka. Ditambah dengan usaha dan niat Anda untuk mengetahui.
Untuk mengetahui apa yg orang inginkan dalam hidup ini, gunakan *9 faktor motivasi utama.* Kemudian perdalam dengan pertanyaan pertanyaan yg disebut *5 pertanyaan emas*. Semua bisa Anda baca di buku _Questions are The Answers._dari Allan Pease.

*CARA TERAMPIL UNTUK MEYAKINKAN ORANG.*
Adalah kodrat manusia bila bersikap skeptis pada anda dan apa yg anda katakan bila anda mengatakan hal hal yg sifatnya menguntungkan diri anda.
Anda bisa menghilangkan sikap skeptis seperti itu bila anda membuat pernyataan yang sifatnya menguntungkan diri sendiri (pernyataan demi kepentingan anda sendiri) dengan menyatakan dalam cara yg berbeda. 
Caranya adalah, anda tidak membuat pernyataan langsung melainkan mengutip seseorang. Biarlah orang lain membuat pernyataan itu untuk anda, sekalipun orang lain itu tidak hadir.
Misalnya ada yg bertanya apakah produk yg anda jual itu tahan lama ?  Anda bisa menjawabnya, _”tetangga saya sudah menggunakannya empat tahun lebih dan sampai sekadang kondisinya masih bagus”_
Jika anda melamar pekerjaan dan ditanya apakah anda mampu mengerjakannya, anda bisa menjawab _”boss saya yg terdahulu selalu puas dengan pekerjaan saya”_
Artinya tetangga dan boss anda yg menjawab pertanyaan itu, meskipun mereka tidak disana. 
Orang yg Anda ajak bicara akan lebih terkesan dibandingkan jika anda sendiri yg menjawabnya.
Kelihatannya ini aneh, tetapi orang tidak akan meragukan sedikitpun bahwa apa yang anda katakan kepada mereka secara tidak langsung itu benar. Tetapi mereka akan sangat skeptis jika anda mengatakannya dari diri anda sendiri.
*Jadi, bicaralah lewat orang ketiga !*
Kutiplah orang lain, kaitkan dengan kisah kisah sukses, aculah fakta dan data statistik.

*CARA TERAMPIL UNTUK MEMBUAT ORANG MENGATAKAN “YA”.*
Ada banyak cara untuk membuat orang mengatakan “ya” dengan mantap dan senang kepada anda, dan bukan sekedar karena keberuntungan anda, atau keinginan mereka yg tiba tiba.
Orang yg terampil dalam relasi manusiawi mempunyai tehnik dan metode yang sangat meningkatkan peluang orang untuk mengatakan “ya” kepada mereka (membuat mereka mengatakan “ya” berarti membuat mereka melakukan apa yg anda ingin mereka lakukan).
*Berikut ini ada 4 metode yg baik :*

1. Berikan orang alasan untuk mengatakan ya kepada anda. Singkatnya, katakan pada orang bagaimana mereka akan beruntung dengan melakukan apa yang anda  ingin mereka lakukan. Bukan bagaimana anda akan beruntung.
2. Ajukan pertanyaan “ya”. Jika anda berusaha membuat orang mengatakan “ya” kepada anda, maka pertama tama masukkan mereka kepada kerangka berpikir “ya”. Ini dilakukan denfan mengajukan 3-4 pertanyaan yg jawabnya pasti “ya”. Misal menunjuk foto foto di dinding dan menanyakan beberapa pertanyaan bodoh yg jawabnya pasti “ya”. Misal “ini foto bapak waktu masih muda ya ?”. Jika ada pertanyaan yg jawabnya “tidak” atau “bukan”, Anda perlu mengulangi lagi dari awal, berusaha mendapat jawaban “ya” sebanyak 3 atau 4x, baru mengatakan tujuan Anda.
3. Berilah orang pilihan antara dua ya. Artinya membuat mereka memilih antara ya yg satu atau ya yg lain. Misalnya :”Sebaiknya kita ketemu sebelum magrib atau sesudah magrib ?”. Apapun jawabannya, anda akan bertemu dengan dia.
4. Mengharapkan orang mengatakan “ya” kepada anda dan _biarkan mereka tahu mereka diharapkan mengatakan ya._ Bila anda mengharapkan orang untuk mengatakan ya kepada anda, itu adalah suatu keyakinan. Akan tetapi, ini jauh melebihi keyakinan, satu langkah lebih jauh. Anda membiarkan mereka tahu, anda jelas jelas memberi mereka kesan, bahwa mereka diharapkan mengatakan ya.

*CARA TERAMPIL UNTUK MENENTUKAN SUASANA HATI ORANG.*
Anda dapat membuat 9 dari 10 orang menyukai anda dengan seketika. Anda bisa membuat 9 dari 10 orang sopan, kooperatif, dan bersahabat dalam 1 detik.
Begini caranya :

1. Dengan mengingat bahwa beberapa detik pertama menentukan sifat hubungan selanjutnya. Apakah formal, ceria atau penuh kedukaan.
2. Dengan mengingat bahwa *orang ibarat cermin.* Kita selalu menanggapi dengan baik perilaku orang lain.
*Jadi . . . dalam detik pertama . . . saat anda pertama kali anda melakukan kontak mata . . . sebelum anda mengatakan sesuatu .. . sebelum anda memecah kesunyian . . . BERILAH SENYUM TULUS ANDA PADANYA.*
Apa yg akan terjadi ? Mereka akan menanggapi demgan baik, mereka akan membalas senyum anda dengan senang. Hubungan selanjutnya akan berlangsung baik.
Bagi Anda yg merasa sulit tersenyum, mulai besok belajarlah utk tersenyum. Berdirilah di muka kaca dan tersenyumlah selebar mungkin, sampai mulut Anda melebar minimal 1 cm ke kiri dan 1 cm kekanan. Ingat bahwa menteri Ignatius Jonan pernah dipaksa pak Dahlan Iskan utk belajar senyum waktu menjadi direktur PT KAI. Setiap pagi dia mengirim fotonya sedang senyum pada pak Dahlan sambil menulis “begini cukup pak ?”.

*CARA TERAMPIL UNTUK MEMUJI ORANG.*
Manusia hidup bukan hanya dengan memakan nasi atau roti saja. Manusia membutuhkan santapan untuk jiwa seperti halnya tubuh. Ingat bagaimana rasanya ketika sebuah kata manis atau pujian diberikan kepada anda oleh suami atau isteri Anda ?  Ingat bagaimana anda sepanjang hari atau malam anda menjadi berbinar oleh kata manis atau pujian itu ? Ingat berapa lama perasaan baik itu bertahan ? Dan ingat bahwa Anda jadi kepingin melakukan hal itu lagi lebih sering.
Orang lainpun akan bereaksi persis seperti anda. Jadi, katakan hal hal yg ingin didengar orang lain. Mereka akan menyukai Anda karena mengatakan hal hal yg baik dan anda akan merasa enak karena telah mengatakan hal hal itu.
BERMURAH HATILAH DENGAN PUJIAN ANDA.  Carilah seseorang  dan sesuatu utk dipuji dan kemudian lakukanlah.
_Tetapi :_
1. Pujian harus tulus. Jika tidak tulus jangan diberikan.
2. Puji perbuatannya, jangan orangnya. Misalnya :”Pak Yanto, pekerjaan bapak tahun lalu sungguh sungguh luar biasa”. Daripada :”Pak Yanto, bapak memang orang baik”
RESEP KEBAHAGIAAN : Usahakan setiap hari untuk mengatakan satu hal yg baik kepada sedikitnya 3 orang yg berbeda. Kemudian lihatlah bagaimana perasaan ANDA setelah berbuat demikian. 

Itu adalah resep kebahagian untuk Anda.

*CARA TERAMPIL UNTUK MENGRITIK ORANG.*
Sebaiknya Anda jangan mengritik. Tidak ada yg namanya kritik membangun. Semua kritik itu menghancurkan. Ingat bab IV tentang menyetujui pendapat orang. Tidak disetujui saja sudah membuat orang tidak senang, apalagi dikritik. Tetapi seandainya harus mengritik (semakin bagus people skill Anda, semakin kecil kebutuhan utk mengritik), kunci kritik yang berhasil terletak dalam jiwa kritikan  itu.

 

Jika anda mengritik terutama untuk “memerintah/memperingatkan orang lain” atau “mau menjejalkan sepenggal gagasan anda” atau “memberinya hukuman”, maka anda tidak akan mendapatkan apapun dari kritik tersebut, kecuali kepuasan untuk melampiaskan kebengisan anda dan kemarahan orang lain, krn tidak seorang pun senang dikritik.

Akan tetapi jika anda tertarik pada tindakan korektif, anda dapat mencapai banyak hal dengan kritik anda jika anda melakukannya dengan cara yg tepat.
Ada 7 syarat jika Anda TERPAKSA MENGRITIK :
1. Jangan pernah mengritik di depan orang lain. Apalagi di depan umum. 
2. Mulailah dengan kata atau pujian yg baik. Anda perlu memuji 7x utk bisa menetralkan kritikan 1x.
3. Kritik perbuatannya, bukan orangnya.
4. Sediakan jawaban atau solusinya. Jika Anda tahu apa yg salah, mestinya Anda tahu juga apa yg benar. Jika tidak, berarti Anda hanya asal menyalahkan saja.
5. Mintalah kerja samanya, jangan menuntutnya.
6. Satu kritikan untuk satu pelanggaran. Jangan pernah dihubungkan dg kesalahan yg dulu.
7. Akhiri dengan perkataan yang bersahabat.

*CARA TERAMPIL UNTUK BERTERIMAKASIH PADA ORANG.*
Tidaklah cukup bagi anda utk merasa berterimakasih dan menghargai orang lain. Anda harus MENUNJUKKAN rasa terimakasih dan penghargaan itu kepada mereka yg pantas menerimanya.
Mengapa ? Krn kodrat manusialah bagi semua orang untuk menyukai dan menanggapi mereka yg menunjukkan rasa terimakasih dan penghargaan kepada mereka. *Mereka menanggapinya dengan memberi jauh lebih besar.*
Jika anda berterimakasih kepada orang dan jika anda membuat orang itu tahu bahwa anda berterima kasih, mereka hampir selalu akan memberi anda lebih banyak di lain waktu. Jika anda tidak menunjukkan rasa terimakasih anda (sekalipun anda berterima kasih), peluangnya adalah tidak akan ada lain waktu atau anda akan mendapatkan lebih sedikit.
Ada 5 aturan untuk berterimakasi pada orang :
1. Ketika Anda mengatakan :”Terimakasih”. Katakanlah dengan sungguh sungguh. Jangan sambil lalu.
2. Katakan dengan jelas dan tanpa ragu. Jangan cuma bergumam.
3. Pandanglah orang yg Anda beri ucapan terimakasih.
4. Sebut namanya saat berterimakasih. Mengatakan :”Terimakasih ya pak Slamet”, jauh lebih bermakna dibanding :”Terimakasih ya”.
5. Bekerja dengan berterimakasih kepada orang. Setiap hari carilah kesempatan untuk berterimakasih kepada orang lain.

Jangan mengeluh

@EmbunPagi:

💠 —JANGAN NGELUH— 💠

jika tdk mau semakin terpuruk
Mengeluh adalah cara terampuh agar diri anda semakin terpuruk. So, jgn sekali kali mencoba cara ini jika anda seorang pribadi yg ingin sukses.
“Duuhhh kok begini amat sihh nasib saya, gak seperti orang2 hidupnya selalu beruntung…”
Keluhan seperti ini 👆

Contoh diatas, hanya akan membuat anda semakin jatuh. Rasakan saja energi negatifnya pasti nyesek banget. 
Solusinya jika anda ingin ngeluh :
1. Bandingkan antara nikmat yg diterima dgn penderitaan yg datang
2. Jika mau ngeluh sekalipun. Curhatlah pd Allah
“Mengeluh bukan menyelesaikan masalah, malahan akan nambah masalah anda. Jadi Hadapilah setiap problem dgn tenang, ikhlas dan berjiwa besar”

~~~~~~~~~~~

💦 Share it

t.me/embunpagi