Hidup adalah pilihan

Hidup adalah pilihan…
Begitu banyak mentor hidup ku mengajarkan.
Menjadi orang yang berbahagia atau menderita adalah pilihan.
Menjadi orang yang selalu senang atau susah adalah pilihan.
Menjadi orang yang kaya atau miskin adalah pilihan.
Menjadi orang yang sukses atau gagal adalah pilihan.
Menjadi orang yang selalu sakit atau sehat selalu adalah juga pilihan.

Kabar baiknya…
Kita diberi kehendak bebas untuk memilih.
Dan kabar baiknya lagi kitalah yang mengendalikan kehendak bebas itu.

Semoga bermanfaat

Hidup penuh cinta dan kemakmuran

Apa yang terjadi di luar tubuh kita…adalah akibat dari dalam tubuh kita.
Apa yang kita pikirkan dan apa yang kita rasakan.

Saat capek datang…. Rebahkan tubuh… Pejamkan mata… Dan katakan pada diri sendiri bahwa kita rilex dan sangat menikmati hidup.

Saat semangat turun….
Berhenti sejenak…pejamkan mata, katakan dan rasakan… Bahwa kita selalu semangat…

Dan pastikan menyebut dan merasakan Allah bersama kita…
Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu…

Hidup sangat indah… Alhamdulillah.

pahala yang terus megalir

Masih ingat kan…. Islam mengajarkan, ada 3 amalan yang pahalanya tidak terputus alias terus mengalir bahkan sampai walau kita mati.
Apa tuh…? Klu gak salah dalam ingatan ku…
Satu…. Ilmu yang bermanfaat alias ilmu yang diamalkan.
Dua…. Sedekah atau amal jariyah
Tiga… Anak yang sholeh/sholehah

Nah… Disini saya mau berbagi ilmu… Ngingetin 3 hal diatas

Semoga bermanfaat…
Masuk nomer satu gak ya tulisan saya ini….hehehe. Amin

Tentang MLM

Multi Level Marketing… Begitu kepanjangannya…
Harus kuakui MLM punya pengaruh yang besar dalam perkembangan karakterku.
Aku percaya bahwa hidup adalah sebuah rangkaian perjalanan…
Tiap perjalanan pasti ada hikmahnya… Tak ada yang sia-sia.
Hari ini kita bisa sampai disini…karna kita sudah melalui perjalanan sebelumnya.
Apa adanya diriku sekarang, tak bisa dipungkiri, karena bentukan dari MLM juga.
MLM telah banyak menyumbang nilai-nilai positif dalam diriku.

Jadi kenapa berhenti…?

Robert T Kiyosaki bilang dalam bukunya… Alasan memilih MLM adalah karena pendidikannya, MLM mengajarkan nilai-nilai positif dan mindset bagus dalam bisnis.
Di MLM juga kita mendapatkan komunitas positif, saling membangun semangat dan impian serta dorongan untuk meraih sukses bersama-sama.

Pertama kali berkenalan dengan MLM adalah sebut saja C, waktu itu bahkan sebelum bergabung, aku sudah menghadiri konferensi nasionalnya di gelora bung karno, Jakarta, sekitar 4000 orang hadir, dan acara itu benar-benar membuatku terkesima, panas seperti membakar darahku sampai mendidih. Begitu menakjubkan.
Acara itu seperti memberitahuku, inilah jalan yang kau inginkan, bagaimana orang miskin bisa menjadi kaya….lewat MLM.
Akhirnya, trial and eror, aku memutuskan berhenti karena merasa tak pandai jualan, dan tak mampu membiayai kebutuhan harian.
Lalu kuputuskan merantau ke Hongkong.
Disinilah, kembali aku berkenalan dengan MLM, yang telah banyak mengubah mindsetku. MLM T. Selama hampir 3 tahun, aku belajar di support sistemnya, aku membaca semua buku dan mendengar kaset, mengikuti pertemuan demi pertemuan dan mengkonsumsi produknya.
Sampai akhirnya, aku memutuskan berhenti karena yang kurasakan, besar pasak daripada tiang, entah sistem atau aku nya…. Aku merasa tak mampu, apalagi setelah kurasakan ada permainan ataukah politik bisnis? Mereka menyebut crosslining. Aku bertemu dengan orang-orang puncak, dan membaca biografi mereka, tiba tiba aku merasa ingin berhenti dari lingkungan ini.
Bukan hanya itu, karena kebodohanku, aku telah mengorbankan tanah orangtua untuk membiayai bisnis ini… Aku keluar dari pekerjaan dan dengan PD merasa mampu hidup dari bisnis ini.
Kenangan yang memilukan. 

Sampai di Indonesia, aku dihampiri lagi oleh bisnis yang sama, MLM S. Leader itu adalah mantan pemain di T. Mengatakan bahwa ini lebih cepat dan lebih baik, aku masuk tapi dengan komunitas yang sama…. Penuh permainan dan bahasa yang tidak dari hati ato bahasa MLM.
Bahkan sahabatku membuka stokis, jadi lebih tahu permainannya, tapi kembali, besar pasak daripada tiang, aku berhenti. Dan tidak ingin lagi mengenal MLM….

Ketika masuk Entrepreneur, mentor bilang, lho kenapa bukan bangun bisnis sendiri lalu di MLM kan, napa ngambil dari luar…. Hadehh…. Tambah pusing….

Skeptiss dengan tawaran MLM lagi

MLM E bidang jasa, dikenalin oleh teman-teman yang dulu di HK, dan membuktikan mantan TKW berhasil menyabet mobil, dan ketemu leader….
Aku tak menolak peluang baru, tapi feeling karena pengalaman mengajarkanku peka mana yang bagus dan mana yang munafik.
Dan tak ingin mengulang kesalahan dan kebodohan yang sama.

Btw…. Thanks MLM…. Thanks all my friend, my leader  for our support.
(9)

Tipe-tipe pemain MLM

Dan aku pernah baca buku tentang MLM tapi lupa judul dan penulisnya. Yang menulis tentang tipe-tipe pemain MLM, salah satunya pemain grubyug…kwkwkw itu ma bahasaku sendiri.
Jadi pemain ini masuk perusahaan MLM sampai sukses dapat reward, begitu ada perusahaan lain yang lebih bagus dan menguntungkan, maka dia pindah dan membawa seluruh jaringannya, begitu seterusnya. Dan begitulah yang kurasakan saat aku mengenal bisnis T di HK.
Sebut saja leader TS, dia sukses tapi bisnis T bukan bisnis pertamanya. Leader LT juga, malah sudah sering jatuh bangun di bisnis sebelumnya. Yang mereka ajak juga kawan-kawan lamanya. Ketika saya masuk bisnis S di Indo, pemainnya juga mantan bisnis T juga jaringannya.
Jadi kesimpulannya, jadilah yang pertama….hehehe.
Tapi pernah saya mengenal seseorang yang baru pertama mengenal MLM dan sukses tapi akhirnya keluar juga entah apa alasannya. Dari beliau saya belajar tentang passion, impian dan hasrat yang membara…. Dan membuktikan bahwa bukan perusahaan atau produknya.
Sukses ditentukan oleh diri sendiri dengan ijin Yang Maha Kuasa.(9)

Rahasia diet, gemuk atau kurus?

Disini saya mencoba berbagi pengalaman. Gemuk…. Diakui ato tidak membuat kita menjadi tidak percaya diri.
Rekor terbaik ku adalah turun 6kg dalam waktu 3 minggu, pernah 10kg dalam waktu 3 bulan dan terbaru 8kg dalam waktu 4 bulan.

Apa resepnya….?

Yang pertama tentunya niat dooong, apapun itu niat kawan, lalu fokus, fokus ini yang kadang memang gak gampang banget, tapi ya hanya itu kuncinya.

3 minggu turun 6 kg? Alami ?

Yaah…. Kapan?
Hehe.. 3 minggu pertamaku di taiwan. Makan teratur dan disiplin….kwkwkw, ya disiplin lah…. karena tuntutan pekerjaan.
Pagi, sarapan dua potong roti tawar dengan selai kacang dan 1 gelas air putih.
Siang dan malam makan nasi setengah mangkok kecil, sayur dan lauk pauk. Plus satu butir buah apel kadang sunkist. Thats all. Makan porsi wajar, kenyang tapi tidak kekenyangan.

3 bulan turun 10kg ? Kapan?

Ini 3 bulan pertamaku masuk CVI Surabaya. Kalau yang ini benar-benar niat kawan, dan fokus serta disiplin.
Menu pagi sarapan satu roti atau kue dengan segelas susu kedelai. Siang dan malam makan nasi bungkus, no ngemil kecuali buah. Meski tanpa olahraga rutin… Tapi bisa turun juga 10kg. Pekerjaan hanya duduk sepanjang hari.

Catatan terakhir, turun 8kg dalam waktu 4 bulan. Kenapa lebih lambat… Tentunya… Kurang niat dan kurang fokus….

Intinya tips agar diet berhasil ?

– niat, punya keinginan turun berat badan.
– fokus, selalu ingat akan niatnya.
– sugesti, ini penting untuk menjaga niat, sering kita menjadi bosan ato lupa niatan kita, sering tergoda oleh bau lezatnya makanan ato rasa lapar. Sugesti diri akan membantu mengatasi hawa negatif tersebut.
Contoh sugesti saya, ini diambil dari sunnah rasul lho hehe,
– Makan hanya bila benar-benar lapar dan berhenti sebelum kenyang. (Tu kan… Ajaran Islam is the best)
– lapar minum air putih.
Sobat, ketika kita minum air putih, apa hanya sekadar minum? Saya belajar bahwa air bisa bereaksi terhadap kita, negatif ato positif. Ketika kita minum dan berterimakasih pada air, bersyukur kepada Tuhan… Air bereaksi baik terhadap tubuh kita. Jadi ketika minum biasakan itu… InsyaAllah air menjadi baik dalam tubuh dan menyehatkan kita. Amin.

SEMOGA BERMANFAAT…

Tips menggemukkan badan….

Wah kalau yang ini …. Bagi yang cenderung gemuk seperti saya tambah lebih mudah…. So, catatan ini saya buat berdasarkan pengalaman saya.
Rata-rata orang yang cenderung gemuk… Nafsu makan meningkat kalau stress atau banyak pikiran.
Jadi kalau ingin gemuk ya stress saja terus….kwkkwwk…sory bercanda…
Tapi pada prinsipnya seperti ini, tubuh kita juga berlaku hukum yang ini, kalau pemasukan lebih besar dari pengeluaran tentu jadi gemuk kan hehe…
Pokoknya kurangi aktivitas…. Perbanyak makan pasti gemuk dech…. Terutama makan yang berat-berat kayak nasi, mi, daging dan yang berkalori atau berlemak tinggi. Siiiip…

SEMOGA BERMANFAAT….(8)

Resep awet muda

Boleh percaya ato tidak… Dan kabar baiknya… Resep ini sangat mudah dan semua orang bisa melakukannya.
Siapa sih yang tidak ingin awet muda hayooo?
Mau tahu ?
Bergembira…berbahagia…riang… Selalu senang alias happy hehehe, banyak ketawa… Dan…..?
Selalu bersyukur…..
Itu aja resepnya kawan…
Btw… Omdo apa nyata ni ya….?
Nyata kok….
Mau bukti…?
Ya gue sendiri hehe,
Tapi maaf belum bisa upload foto disini buat bukti…, cuman…kalau gue pake jilbab disangka dah ibu ibu… Padahal memang udah ibuk ibuk….
Tapi gara gara umur pernah dipecat dari pekerjaan disangka memalsukan umur.
Ceritanya begini,
Umur asli 29th… Tatap muka pertama yang ditanyain apa? Umur….dan bos gak percaya umur asliku 29th….
Dia mengklaim bisa mengenali umur dari wajahnya karena bidang kerja dia menangani banyak orang, tapi kerja apa lupa aku.
Lalu kutanya balik, ya sudah menurut bos saya umur berapa?
Max 24th lah, wah 5 th lebih muda lak an, alhamdulilah….
Malah yang gila sekarang ni… Karena sering ngumpulnya anak-anak usia 24th… Mereka juga gak percaya kalau aku umur 34th….
Tak pikir-pikir kok usiaku mandeg di 24th ya…? Sekarang malah 10th lebih muda….. Alhamdulilah….
Tapi bukan hanya usiaku yang 24th, karir dan keuanganku juga seperti usia 24 th….
Aduh…..ini ni … Harus jalan ini ….(7)

Mentor alam

Begitu aku menyebutnya… Mentor Alam.
Karena aku mengenal mereka dalam pelajaran hidup.
Aku mengenal mereka dari buku atau berita.
Aku belajar dari mereka, pengalaman dan prinsip hidup mereka.
Tentu ada yang setuju ada yang tidak. Yang kusetujui akhirnya menjadi pelajaran dalam hidupku. Mereka ada yang ternama tapi ada pula yang kukenal dijalanan atau sekedar ngobrol waktu naik bis lewat sharing.
Begitulah kita belajar hidup dan kehidupan…
Aku belajar, diri kita ditentukan oleh apa yang kita masukkan ke dalam otak kita dan dengan siapa kita bergaul.
Sehingga setiap kita pasti berbeda… Dan itu menjadikan kita unik. So… Syukuri apapun dalam diri kita.

Buku yang paling berpengaruh

The Secret atau Rahasia karya Rondha Bhyrne…. Buku itu yang paling mempengaruhiku sekarang. Kita sadari atau tidak, kita selalu melangkah menuju apa yang kita inginkan, apa yang paling kita pikirkan.
Apa adanya diri kita sekarang, lepas dari suka atau tidak, sadar atau tidak adalah hasil dari apa yang kita pikirkan, katakan dan lakukan di masa lalu kita.
Tidak semua orang membaca buku itu atau setuju dengan buku itu, dan aku nenemukan diriku menjadi sangat berbeda dengan kebanyakan orang, dengan yang belum membaca buku itu tentunya, kadang kita menjadi aneh menurut mereka dan sering tidak sepaham.
Tapi aku menyadari untuk sukses, kita memang harus berani untuk menjadi aneh dan berbeda, begitu mentor sukses membagikan ilmunya.
Aku hobi membaca buku-buku orang sukses, dan akhirnya memiliki mindset seperti mereka.
Meski saat ini aku belum sesukses mereka, tapi aku yakin bisa.
Semua hanyalah masalah waktu, kita terus berproses.
Aku ingin bisa seperti mereka, sejajar dengan mereka.
Keyakinan, impian telah membawaku mendengar nama mereka, mengenal lewat buku dan ajarannya, dan akhirnya sesukses mereka, amin.
Selain The Secret…buku lain yang sangat berpengaruh adalah The Magic of Thinking Big karya David J. Scwartz. Ini buku yang pertama kali kubaca dan aku menjadi gila karenanya. Aku mengenalnya sejak kelas dua SMK, dari meja dirumah teman, aku baca tamat dan kusalin intisarinya dengan tulisan tangan di buku tulis, masih ada sampai sekarang.
Dari buku inilah aku banyak menghela nafas, aku banyak menemukan betapa kecilnya kebiasaanku selama ini. Buku ini menjadi kamusku dalam pelajaran hidupku selanjutnya.
Aku menemukan diriku lebih siap, lebih semangat, lebih tangguh, lebih percaya diri, lebih bahagia dan lebih awet muda.
Tapi aku belum sukes sampai sekarang, aku belum puas, karena aku belum menikmati kebebasan waktu dan kebebasan finansial seperti mentor-mentor ku itu, itulah impianku. Aku ingin mengajar dan membagikan rasa syukurku ke seluruh dunia. Dan aku percaya itu, lepas dari kegagalanku selama ini, entah waktunya kapan, semua pasti datang dan indah pada waktunya. Amin.

IMAN KEPADA TUHAN ALLAH

Semua agama, ajaran, dan buku-buku sukses meyakini tentang hal ini, sebuah kekuatan maha besar, maha kuasa dan maha segala-galanya. Yang mengatur sistem tata surya, mengatur sistem tubuh kita. Yang maha sempurna penciptaan-Nya. Dialah Allah swt.
Aku terlahir di lingkungan keluarga muslim, di sebuah desa. Tetapi aku merasa tak banyak belajar dan lebih banyak memberontak karena ajarannya yang banyak mengekang.
Tetapi Tuhan mengajar kita dengan cara-Nya….
Setelah dua seri buku itu, aku semakin meyakini dan mencintai Islam.
Memang benar kata Robert T Kiyosaki, setiap orang memiliki cara pandangnya sendiri-sendiri, orang kaya dan orang miskin memiliki pandangan berbeda tentang uang, arti sukses juga berbeda bagi tiap orang, Al Qur’an pun memiliki terjemahan yang sama tapi dengan tafsir yang berbeda bagi sebagian golongan. Dan itu semua menjadikan perbedaan dan itulah bagian dari kesempurnaan hukum Tuhan.
Aku memang belum tamat Al Quran dengan bimbingan seorang guru, aku belajar otodidak, sepenggal-sepenggal disana sini dengan mentor alam yang kuyakini, dan ternyata intisari dua buku itu semua ada di dalam Al Quran.
Tetapi sekali lagi, beda kyai beda ustad beda profesi beda pandangannya dan semuanya benar.
Pada akhirnya, kebenaran sejati ada di dalam diri kita masing-masing. Mana yang kita yakini, itu yang kita ambil dan menjadi tuntunan hidup kita. Semuanya benar menurut kita masing-masing, tapi menurut Allah? Hanya Allah swt. Yang Maha Mengetahui.
Jadi sekarang…. lanjutkan….
Lakukan yang terbaik dengan doa dan iman. Amin (6)