Kacang mete

Berwarna krim putih yang tegas namun bertekstur seperti mentega dengan aroma buah manis yang menyenangkan. Cemilan yang berbahan kacang mete, biasanya sangat digemari namun apakah kacang mete ini memiliki manfaat yang baik jika dikonsumsi? selengkapnya pada artikel ini.

Kandungan gizi

Pohon jambu mete adalah yang mana buahnya dianggap sebagai makanan lezat sejak abad ke-16 sudah diperkenalkan Portugis kepada beberapa negara, yang sampai sekarang masih dibudidayakan. Apa yang kita sebut kacang mete  ini kaya akan zat besi, fosfor, selenium, magnesium dan seng. Mereka juga sumber yang baik fitokimia, antioksidan, dan protein dan memberikan manfaatnya untuk kesehatan seperti berikut ini :

Manfaat Kacang Mete Untuk Kesehatan

1. Menyehatkan Jantung

Kacang mete memiliki kandungan lemak lebih rendah daripada kebanyakan kacang lain dan sebagian besar dalam bentuk asam oleat dan lemak tak jenuh tunggal yang sehat untuk jantung, yang juga ditemukan pada manfaat minyak zaitun. Asam oleat mamapu meningkatkan kesehatan jantung dengan membantu mengurangi tingkat trigliserida yang berkaitan dengan peningkatan risiko penyakit jantung. Kandungan antioksidannya yang tinggi juga membantu menurunkan risiko penyakit jantung koroner dan kardiovaskuler. Magnesium dalam manfaat kacang mete membantu menurunkan tekanan darah dan membantu mencegah serangan jantung.

2. Merawat rambut dan kesehatan kulit

Kacang mete kaya akan tembaga minerel, yaitu sebuah komponen penting dari untuk mengatur produksi enzim, tembaga. Satu enzim yang mengandung tembaga mengandung tirosinase, tirosin untuk mengkonversi ke melanin yaitu pigmen yang menjaga kesehatan rambut dan kulit warna. Tanpa kacang mete tembaga begitu melimpah pada enzim tidak akan mampu untuk melakukan pekerjaannya.

3. Menjaga kesehatan tulang

Tidak hanya kalsium yang berguna untuk memperkuat tulang, namun magnesium juga dibutuhkan yang banyak diberikan pada manfaat kacang mete. Tembaga ditemukan dalam kacang mete sangat penting untuk fungsi enzim yang terlibat dalam menggabungkan kolagen dan elastin yang memberikan substansi dan fleksibilitas dalam tulang dan sendi.

4. Mencegah terjadinya kanker

Kacang mete memiliki kandungan proanthocyanidins, salah satu jenisnya adalah zat flavanol yang benar-benar dapat menghentikan pertumbuhan tumor dan menghentikan perkembangbiakan sel-sel kanker. Studi juga menunjukkan bahwa kacang mete dapat mengurangi risiko kanker usus. Kacang-kacangan ini memiliki kadar tembaga yang sangat tinggi, selain itu mereka juga dapat menghilangkan radikal bebas dan mereka juga merupakan sumber phytochemical dan antioksidan yang melindungi kita dari penyakit jantung dan kanker.

5. Energi Booster

Kacang mete memiliki kandungan kalori yang sangat tinggi, tidak heran ia menjadi nutrisi yang sangat baik bagi anda yang kekurangan energi. Kalori adalah sumber energi utama yang dapat meningkatkan stamina dan energi untuk beraktivitas.

6. Mengontrol berat badan

Kacang mete merupakan salah satu jenis kacang-kacangan yang sangat tinggi kandungan lemaknya, namun lemak yang terdapat di dalamnya merupakan jenis lemak yang baik untuk tubuh (HDL). Selain itu, kandungan lemak dalam kacang mete juga lebih rendah dibandingkan dengan kacang tanah, almond, dan jenis kacang-kacangan lainnya.

7. Mencegah batu empedu

Ternyata kacang mete telah di teliti selama berpuluh-puluh tahun lamanya terkait dengan kemampuannya dalam mengatasi batu empedu. Studi yang dilakukan oleh Nurses ‘Health Study dari 80.000 wanita menunjukkan bahwa wanita yang mengkonsumsi setidaknya 1 ons kacang mete, kacang atau selai kacang setiap minggu memiliki risiko 25% lebih rendah terkena batu empedu.

1 Ons terdapat sekitar 28.6 kacang mete atau sekitar 2 sendok makan. Konsumsi kacang mete sangat penting untuk pencegahan batu empedu untuk jangka panjang.

8. Baik untuk kesehatan saraf

Kandungan magnesium dalam kacang mete membuat saraf lebih santai dan dengan demikian pembuluh darah dan otot juga akan lebih terlihat rileks. Terlalu sedikit magnesium dalam tubuh akan mengakibatkan terlalu banyak kalsium yang masuk ke sel saraf, menyebabkan terkirim terlalu banyak pesan, dan menyebabkan terlalu banyak kontraksi.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s