Kisah sukses Henry Ford

Seperti kisah kisah pengusaha lain,kisah sukses Henry Ford pun tidak langsung berjalan secara instan. Henry Ford adalah salah satu pengusaha sukses yang sangat terkenal di dunia, yakni pemilik Ford Motor Company (Perusahaan otomotif yang sangat terkenal di dunia). Ada sebuah kisah yang menarik dari Henry Ford, ternyata ia hanya sekolah formal hingga usia 15 tahun, tapi pastinya Ford tidak berhenti belajar selama hidupnya.

Ford hanya mengenyam pendidikan formal SMA semasa hidupnya. Namun dengan seiring berjalanya waktu, ia belajar secara otodidak di bidang otomotif. Ketertarikanya pada mesin sudah muncul saat Ford masih anak anak. Bahkan ia lebih suka memperbaiki Jam tetangganya yang rusak dibandingkan dengan harus membantu orang tuanya bekerja di kebun.

Semakin lama, pengetahuan dan keterampilanya semakin banyak dan dari sinilah kisah sukses Henry Fordbermula. Berbekal pengetahuan itu, Ford kemudian mendirikan Ford Motor Company yang kelak akan membawanya menjadi salah satu pengusaha otomotif paling sukses di dunia.

Ford berbicara : Menyetirlah ! Dan Amerika mendengarkanya dan mengikuti perkataanya. Henry Fordmerupakan ayah dari Ban berjalan modern dan mengubah dunia saat dia meluncurkan produk otomotif Model T dengan harga yang murah dan sangat terjangkau harga produk ini sebesar 260 dolar di tahun 1924. Diproduksinya Model T, menimbulkan histeria permintaan terhadap mobil sangat tinggi. Ford pernah mengambil sebuah langkah yang kontroversial yang terbukti berhasil meningkatkan upah buruhnya sebesar dua kali lipat menjadi 5 dolar per hari. Lagkah ini telah mengurangi turnover pekerja, meningkatkan produktifitas, dan berhasil mencuri hati para Insinyur dan mekanik terbaik di AS.

Henry Ford memulai perusahaan produsen mobil hanya dengan modal sebesar 28.000 dolar pada tahun 1918. Setengah dari mobil yang dikendarai oleh masyarakat AS merupakan Model T produksi perusahaanya. Dan sekarang bisa kita lihat di berbagai negara di dunia brand Ford merupakan salah satu ikon mobil yang sangat familiar.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s