Tehnik visualisasi (copas)

Ada teknik mudah untuk membantu kita mencapai target kehidupan kita. Teknik ini diyakini mampu membantu kita untuk mencapai apapun yang kita inginkan dalam kehidupan ini. Teknik ini telah banyak dibahas dan dikenal luas dengan istilah “visualisasi”. Saya menyebutnya sebagai teknik berkhayal untuk membayangkan sesuatu yang kita inginkan atau yang kita targetkan  di dalam kehidupan. Teknik ini bisa digunakan juga untuk membangkitkan motivasi, rasa percaya diri dan semangat dalam bekerja.

Banyak cerita sukses dari mereka yang telah menggapai setiap impiannya dengan selalu mempratekkan teknik visualisasi. Salah satu tokoh selebritis yang kerap memberikan tips motivasinya dengan mengangkat teknik ini adalah Arnold Schwartzenegger. Anda bisa membacanya kembali di paragrap terakhir tulisan saya lalu disini.

Satu pernyataan dari sang mantan Gubernur Los Angeles yang sangat baik untuk kita ingat adalah, “The mind is the limit. As long as the mind can evision the fact that you can do something, you can do it, as long as you really believe 100 percent“. Dia selalu membayangkan benar-benar kesuksesan dalam pikirannya dan percaya 100 persen pada pikiran itu. Sang Terminator sering membayangkan dirinya menerima piala di atas podium sebagai seorang juara. Dia tidak pernah risau dengan kompetisi kejuaran yang diikutinya di awal-awal karirnya dulu. Jika kita sudah menang di pikiran kita dan percaya pada pikiran itu untuk apa menjadi risau? Demikian katanya.

Banyak penjelasan mencoba memberi jawaban atas pertanyaan kenapa teknik visualisasi diakui sangat bermanfaat dari mulai yang singkat sampai panjang lebar semuanya ada. Namun, saya melihatnya semuanya memang bermuara pada kekuatan emosi dan pikiran.

Seperti apa teknik visualisasi itu? Dari beberapa artikel yang saya baca sepertinya sangat mudah untuk kita lakukan. Kita tinggal mengambil posisi rileks kemudian membayangkan sesuatu sudah menjadi kenyataan di dalam pikiran kita. Bayangkan dan yakini apa yang kita inginkan telah terwujud dan rasakan emosi kita saat kita membayangkan keadaan tersebut. Contoh, kita ingin punya mobil mewah. Ayo! Kita bayangkan kita sedang mengendarai mobil mewah itu dengan detail. Coba lihat warna dari mobilnya, desain interiornya dan warna jok kulitnya. Kita buat lebih detail dashboardnya, sistem navigasinya, audio dan videonya, desain kemudi dan aroma parfum yang sangat kita sukai. Kemudian, kita rasakan emosi kita saat kita mengendarai mobil mewah kita itu. Rasakan betapa senang, puas dan bahagianya kita. Rasakan betapa dahsyatnya kekuatan dan kecepatan mobil mewah kita itu. Rasakan betapa pengorbanan kita selama ini untuk mencapai dan membeli mobil mewah akhirnya tercapai. Perkuat hal itu semua dengan rasa bersyukur yang sangat dalam. Betapa semua ini telah terwujud dan menjadi kenyataan.

Begitu saja dan cukup sederhana. Mungkin ada teknik yang lebih advancelagi, tetapi yang pasti ada kemudahan dan kesulitan tertentu saat kita melakukan teknik visualisasi. Bagi Anda yang sudah terbiasa untuk berkhayal akan mudah saja melakukannya, tetapi bagi yang belum pernah pasti sulit untuk melakukannya. Apalagi kadang kita terjebak untuk berpikir bagaimana caranya membayangkannya. Bagaimana cara kita  membayangkan mengendarai mewah? Saya kan belum pernah mengendarai mobil mewah itu. Jangankan mengendarai, menyetuhnya saja belum pernah. Setiap ada pameran mobil mewah saya tidak berani untuk dekat-dekat :-).

Sebagian orang lagi akan terjebak bagaimana memikirkan rasa dan emosi? Bukankan rasa itu baru kita peroleh setelah mengalaminya sendiri? Seperti apa rasanya di mobil mewah? Senang dan gembiranya mengendarai mobil mewah itu sangat susah untuk dibayangkan. Sulit sekali untuk membayangkannya.

Keep it simple stupid”, begitu kata para pakar visualisasi. Anda sedang membayangkan, jadi ciptakan saja imaginasi Anda sendiri. Anda kesulitan untuk membayangkan mobil mewah? Cukup berkata saja dengan suara Anda sendiri bahwa sekarang Anda sedang mengendarai mobil mewah meskipun gambaran perihal mobil mewah itu belum bisa Anda lihat dalam imaginasi Anda. Kemampuan melakukan visualisasi akan semakin kuat bila sering berlatih. Anda akan bisa membayangkan dengan jelas bila selalu melakukan teknik ini secara berulang-ulang. Kemudian, bagaimana agar rasa senang dan bahagia bisa menyelimuti Anda? Caranya, cukup dengan dengan tersenyum bahagia tanpa harus tahu bagaimana senang dan bahagianya mengendarai mobil mewah karena senang dan bahagia itu universal. Di memori anda pasti ada rasa senang dan bahagia yang tersimpan dari pengalaman-pengalaman Anda, mungkin saat anda lulus sekolah, saat anda menikah atau saat anda mengendong buah hati anda untuk kali pertama. Bangkitkan kembali emosi itu. Perasaan senang dan bahagia itu pasti sama dimanapun dan dalam suasana apapun. Jangan terjebak pada aturan-aturan. Bebas saja dan sederhana. Lakukan teknik ini secara berulang-ulang dan rutin. Anda akan lihat betapa paling tidak semangat Anda tidak akan turun naik dalam menggapai mimpi, tetapi tetap bergelora dengan penuh suka cita mengantarkan Anda mencapai target kehidupan Anda.

Benar juga si. Namanya juga membayangkan kenapa harus terjebak pada aturan. Teknik visualisasi ini akan lebih mudah bila kita sudah membuat dan menentukan target-target di kehidupan kita. Anda bisa membacanya kembali di sini bagaimana cara menentukan target pribadi. Dari target-target itu, kita lakukan usaha terbaik disertai penerapan teknik visualisasi. Kuncinya ada di emosi yang kuat dan latihan berulang-ulang setiap hari. Waktu-waktu terbaik bisa di pagi hari atau saat Anda hendak pergi tidur.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s