PD (copas)

3 Kebiasaan Yang Menandakan Anda Adalah Orang Percaya Diri

Posted on August 26, 2013 by Papa Addin

Anda punya masalah dengan rasa percaya diri? Anda tidak perlu risau dan kuatir sebenarnya. Rasa percaya diri itu ternyata bisa tumbuh dari kebiasaan hidup. Bila Anda terbiasa atau membiasakan diri untuk selalu melakukan hal berikut maka sesungguhnya Anda tidak perlu lagi pusing dengan rasa percaya diri. Anda tidak perlu lagi mencari-cari dimana dan kemana rasa percaya diri karena dia sudah ada dalam diri Anda saat ini juga.

Berikut 3 kebiasaan yang harus Anda lakukan berdasarkan adaptasi dari karya Owen Fitzpartrick, salah seorang Master NLP dunia.

1. Selalu Menghargai dan Memperbaiki Diri

Pak Owen bilang bahwa setiap pagi dia memiliki kebiasaan memandang cermin untuk berdialog serta memuji dirinya sendiri. Apakah Anda sudah melakukannya? Semua orang mungkin akan tersenyum mendengar ceritan Pak Owen. Dia sendiri mengaku kadang tertawa geli sehabis bercermin. Namun, apa yang dilakukannya itu membawa dampak positif buat dirinya.

Para sahabat semua, musuh utama dari rasa percaya diri adalah suara negatif Anda dan suara negatif orang lain. Lebih lanjut, Anda bisa membaca kembali disini perihal 2 musuh itu. So, mulai sekarang, anda harus selalu bersyukur dan menghargai diri Anda sendiri. Jangan lagi, Anda dengarkan suara-suara negatif itu. Menghargai diri sendiri tanpa kesombongan mencerminkan Anda adalah orang percaya diri.

Setelah itu, Anda harus membiasakan memperbaiki diri dengan cara yang tepat. Cara tepat untuk melakukan perbaikan diri adalah dengan tidak membandingkan diri Anda dengan kapasitas, pencapaian ataupun prestasi orang lain. Jangan berpikir bagaimana agar Anda bisa menjadi seperti mereka, tetapi berpikirlah bagaimana agar Anda bisa lebih baik dari diri Anda saat ini. Jadikan diri Anda sebagai tolak ukur pertama dalam perbaikan diri.

Saya jadi ingat pesan Nabi Muhammad SAW membaca saran ini. Para sahabat semua mungkin juga ingat bahwa beliau berpesan kepada kita agar, “hari ini harus lebih baik dari hari kemarin, hari esok harus lebih baik dari hari ini.” Nah sudahkan kita melakukannya?

2. Selalu Tenang dan Tidak Pernah Ragu Akan Keputusan

Apa resep agar diri selalu tenang? Jawabannya ada di hubungan antara pikiran, perasaan dan emosi. Terkadang, pikiran Anda kalah oleh perasaan dan emosi maka dari itu syarat utama agar tenang adalah Anda harus selalu ingat dan bersyukur.

Apakah Anda masih ingat tulisan lalu disini perihal power pose dan bahasa tubuh? Hasil penelitian menunjukkan bahwa kita bisa lebih tenang dengan hanya mengubah bahasa tubuh kita. Oleh karena itu, Anda munculkanlah kekuatan rasa tenang itu lewat cara bicara, cara duduk, cara berdiri dan berjalan. Kirimkan kekuatan itu ke orang lain lewat postur tubuh, kontak mata, senyum dan kedekatan komunikasiparalanguage Anda.

Lalu bagaimana caranya agar tidak ragu akan keputusan dalam arti kita punya ketegasan? Sikap tegas timbul karena Anda terbiasa disiplin, mau mengambil keputusan dan berani memikul tanggung jawab. Sekecil apapun keputusan yang diambil maka itu membuat Anda semakin percaya diri. Biasa berani memutuskan dan menggambil tanggung jawab otomatis hal ini menandakan bahwa Anda adalah orang yang percaya diri.

3. Selalu Fokus pada Solusi

Tidak selalu apa yang kita lakukan sesuai dengan harapan. Tidak selalu apa yang kita mau sesuai keinginan. Tidak selalu apa yang kita minta berbuah jadi kenyataan. Masalah akan selalu ada di kehidupan kita.

Biasakanlah selalu positif dan fokus pada solusi. Bila timbul masalah fokuslah pada solusi daripada berlama-lama mencari kenapa dan mengapa itu terjadi. Anda berusaha mencari penyebab tentu saja boleh tetapi itu semua karena Anda sedang berusaha untuk memperoleh solusi penyelesaiannya. Hal ini otomatis akan membentuk Anda menjadi orang percaya diri.

Seperti Aa Gym bilang, ”Tidak ada masalah dengan masalah, yang menjadi masalah adalah cara kitayang salah dalam menyikapimasalah.”

Seperti Anthony Robbins bilang,”lihatlah masalah bukan sesuatu yang akan mendatangkan keburukan, lihatlah dia lebih baik dan lakukan cara yang Anda yakini baik.

Demikian para sahabat, sedikit berbagi buat kita semua. Komentar dan tanggapan Anda sangatlah berarti.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s