Obat sakit perut karena pedas

Obat Sakit Perut Akibat Makan Pedas

Sunday, October 26th 2014. | Pengobatan

Makanan pedas seringkali menggugah selera bahkan sebagian kecil masyarakat indonesia mengaku tak bisa makan tanpa sambal, entah ulek atau botol. Meski membuat mulut terasa panas dan tubuh berkeringat, rasa pedas selalu bikin nagih. Namun efek sampingnya menyerang pencernaan, yakni perut. Bagaimana cara mengobati sakit perut akibat makan pedas dan sambal?

Teh peppermint

Sebenarnya cara mengatasi sakit perut karena makan pedas tergolong mudah, yakni meminum ramuan teh peppermint yang juga sudah terkenal atasi beragam jenis penyakit seperti perut kembung, mual muntah, kram gastrointestinal hingga sindrom iritasi usus. Berdasarkan hasil studi diketahui bahwa ramuan teh ini efektif meredam beragam keluhan akibat sakit perut. Bagaimana cara membuatnya? Rendam 1 sendok makan daun peppermint kering bersama secangkir air mendidih selama 10 menit. Saring lalu minum habis selagi panas.

Jahe

Menurut hasil studi MedlinePlus diketahui bahwa jahe efektif meredakan sakit perut yang disertai keluhan seperti mual, muntah, mules dan mabuk kendaraan. Meski tergolong salah satu cara mengobati sakit perut akibat makan pedas, wanita hamil dianjurkan membatasi asupan sekitar 1 gram per hari. Cara penyajian yang paling terkenal yaitu teh jahe, namun bahan herbal ini juga dibuat sebagai permen, kapsul bahkan makanan. Bila rasa sakit sudah mendesak dan tak bisa dikompromi, ambil potongan kecil jahe dan langsung makan mentah.

Produk susu

Mengonsumsi makanan atau minuman yang terbuat dari susu seperti es krim cukup efektif meredakan mules dan sakit perut melilit. Segelas susu dingin juga sangat membantu menetralkan efek zat capsaicin.

Istirahat

Jangan memaksakan diri beraktifitas dalam kondisi perut sakit. Berbaring di atas kasur lalu mengangkat kaki pada tumpukan bantal. Pejamkan mata sambil menarik nafas sedalam mungkin lalu dilepaskan. Bila rasa sakit tergolong sangat menyiksa, tempelkan botol sirup kosong yang berisi air panas di perut.

Cara mengobati sakit perut akibat makan pedas dan sambal tidak begitu sulit, bahkan tanpa harus membeli obat di apotik. Namun bila merasakan keluhan yang sangat menyiksa setelah mengonsumsi makanan pedas dan metode diatas tak memberi hasil positif, segera hubungi dokter untuk pemeriksaan lanjut.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s