Usaha gorengan 1

Nikmatnya wiramandiri usaha gorengan

Mungkin banyak pembaca yang sedang memikirkan bagaimana cara menginvestasikan penghasilannya. Entah itu penghasilan dari gaji bulanan maupun penghasilan sebagai broker dan pekerja freelance. Padahal banyak sekali peluang usaha maupun jenis investasi yang bisa dilakukan. Tapi, sekali lagi ada hambatan yang selalu menyertainya dan hambatan paling besar itu adalah : MODAL….

Jangan menyerah… karena sebenarnya banyak cara untuk berinvestasi dengan modal kecil. Bisa dengan membuka usaha, berjualan maupun investasi di surat2 berharga. Nah khusus untuk yang berjiwa pengusaha, berikut adalah contoh jenis usaha yang menjanjikan dan kelebihannya hanyalah memerlukan modal yang kecil. Lebih kurang dibawah 10 Juta….

Untuk kali ini akan diberikan satu contoh beserta analisis serta tip dan trick membuka usaha dengan modal kecil. Kok cuman satu?? Jangan kuatir,, artikel kali ini merupakan artikel berantai. So, setiap kali ada kesempatan maka artikel ini akan di update dengan contoh jenis usaha lainnya beserta analisis kelayakan usaha dan tip trick nya…..

MENJUAL GORENGAN

Ups.. jangan membayangkan Anda menjadi tukang gorengan ya… haha.. tentu saja andalah bos nya..
Percaya gak percaya, ini adalah bisnis mikro yang sangat menjanjikan bahkan dari pengalaman Owner Blog ini serta dari beberapa kali interview dengan penjual gorengan keliling, penghasilan bersih sebulan dari bisnis ini cukup membuat saya kaget.. penghasilan mereka menyamai gaji karyawan kantoran yang lulusan S1.. 
Kalau gak percaya silahkan menyimak uraian saya dibawah ini.

Kenapa Harus Menjadi Bos Gorengan?? atau Kenapa Gorengan???

Gorengan adalah jenis jajanan murah yang disukai hampir semua lapisan masyarakat. Biasanya, kebanyakan orang membeli gorengan sekedar untuk mengganjal perut atau mengisi waktu kosong sebagai teman membaca atau minum kopi… Gorengan adalah jenis makanan ringan yang tidak membosankan apalagi untuk lidah orang Indonesia..untuk kali ini anda pasti setuju dengan pendapat saya! 
Jadi, meskipun sudah banyak orang yang berjualan gorengan, peluang bisnis di bidang Gorengan masih terbuka luuuueeebbbbaaaarrrr………..

A. Bagaimana Memulai Bisnis Gorengan???

1. Pengetahuan dan Keterampilan Membuat Gorengan
Tentunya anda harus mencari tahu dulu apa itu gorengan. Minimal anda survey dengan cara membeli gorengan dari beberapa penjual gorengan untuk mengetahui gorengan apa yang enak di lidah dan membuat ketagihan atau menjadi favorit.. 
Berikutnya anda mesti belajar membuat gorengan..kadang tidak perlu anda sendiri..bisa istri anda atau orang lain.. tanyakan pada Ibu anda apakah beliau mempunyai resep gorengan yang lebih gurih dan nikmat yang bisa anda aplikasikan di bisnis anda…
Bila perlu anda kursus membuat gorengan… hahaha.. minimal untuk mengetahui atau mendapatkan racikan adonan yang mantap.. atau kalau anda kreatif anda bisa menciptakan adonan gorengan yang lebih bervariatif.. 
Bila anda tidak mempunya banyak waktu, alternatif terakhir adalah menggunakan tenaga orang lain… sebagai pemodal anda bisa mempekerjakan orang lain yang dibekali keterampilan membuat gorengan…

2. Modalnya Apa Saja???
Untuk menjual gorengan tentunya anda butuh berbagai peralatan. Gerobak, penggorengan, bahan baku awal, dan peralatan lainnya. Yang penting, anda harus menentukan kapan Usaha anda Harus balik MODAL. Dari sinilah anda bisa menentukan harga jual dengan memperhitungkan biaya produksi. Anda bisa mengambil keuntungan hingga 30% dari biaya produksi.

B. Hambatannya Apa Saja ya???

Hambatan yang mungkin terjadi di bisnis ini adalah…
1. Banyak pesaingnya.. tapi jangan takut.. dengan kreatifitas walaupun kadang hanya kreatifitas dalam meniru maka bisnis anda akan bertahan..apalagi bila anda mampu menciptakan produk yang unik dan berbeda.. 
2. Namanya orang jualan ya pasti tidak selalu ramai.. tetapi jika anda jeli mencari lokasi atau dengan konsep keliling maka hambatan satu ini bisa sedikit disiasati.. 
3. Turn Over karyawan kadang menjengkelkan.. khusus untuk anda yang menggunakan karyawan, siap2lah anda ditinggal karyawan.. hehe.. ini sudah lumrah kok. Kadang karena karyawan kita sudah merasa bisa terus punya keinginan membuka usaha sendiri, bisa juga karena karyawan menjengkelkan sehingga membuat anda mendepak dia atau juga bisa karena karyawan anda mau dikawinkan.. hahahahaha.. disalah satu bisnis mikro yang saya geluti yakni “ayam bakar”, turn over karyawannya cepat sekali.. kadang tiap dua atau tiga bulan mesti mengganti karyawan.. cara menyiasatinya?? tentunya menjadi bos yang baik dan memperhatikan kesejahteraan karyawan.. 

C. Terus Strateginya Bagaimana???

Meskipun hanya berjualan gorengan yang setiap orang mampu melakukannya, tetapi tetap saja anda harus memiliki strategi bisnis yang bagus supaya bisnis anda mampu bertahan dan laku keras di pasaran. Berikut beberapa strategi yang dapat anda adopsi hasil dari pengalaman owner blog ini menjalankan beberapa bisnis mikro..
1. Diawal usaha, tidak perlu memproduksi dalam jumlah banyak untuk menghindari kerugian.
2. Berkorban sedikit demi promosi. Anda bisa membagikan gorengan gratis ke beberapa tetangga anda untuk berpromosi dan mendapatkan feed back dari mereka..bila kata “enak” yang terucap.. maka anda bisa lebih pede untuk menjual produk anda.
3. Hitung ulang keuntungan apabila anda memakai jasa karyawan ataupun bila anda tertarik untuk menitipkan gorengan anda di beberapa warung atau toko.
4. Jangan pernah menjual gorengan SISA KEMARIN!!! ini adalah nilai minus terbesar yang dapat anda peroleh dari konsumen anda.
5. Survey dan mencoba membuat gorengan yang unik dan lebih baik dari rasa maupun penyajian dari pesaing anda.
6. Kebersihan adalah sebagian dari MODAL.. hehehe.. yang ini mesti diperhatikan dengan serius.. Nilai plus dari konsumen untuk kebersihan yang terjaga.
7. Berjualan gorengan bisa dengan gerobak dorong maupun gerobak yang menetap.. Anda bisa menyewa tempat untuk stand gorengan anda… atau bisa juga gerobak yang lebih kecil sehingga bisa keliling.. 
8. Cari karyawan yang sedang butuh pekerjaan.. dan saya rekomendasikan dari daerah.. hehehehe.. mereka kebanyakan tidak rewel dan benar kerjanya.. tapi memang membuat anda nengeluarkan dana ekstra untuk biaya transport mereka dari daerah.

D. Bagaimana dengan Analisis Bisni Gorengannya???

Berikut saya sajikan analisis sederhana:

Modal Awal:
1 Kompor Gas (Josssss..) dan 2 Tabung : 500.000
Peralatan Masak : 500.000
Gerobak Gorengan beroda :1.500.000
Jumlah Modal Awal :2.500.000

Peralatan mengalami masa penyusutan selama 2 tahun. Dengan asumsi biaya penyusutan pertahun adalah 1.250.000 atau +- 100.000 perbulan.

Perlengkapan 
Kantong Plastik : 50.000
Kertas Bekas : 50.000
Jumlah Perlengkapan : 100.000

Bahan Baku 
Bahan Baku : 100.000
Minyak Goreng : 50.000
Jumlah Bahan Baku : 150.000

Omset Penjualan Perbulan 

Pendapatan (300 buah x 30 hari x Rp. 500) : Rp. 4.500.000,-

Biaya – biaya perbulan :
Biaya Bahan baku 1000.000
Biaya Perlengkapan + lainnya 300.000
Penyusutan 100.000
Gaji Pokok Karyawan 300.000
Komisi Penjualan (Rp. 50/buah) 450.000
Sewa tempat (asumsi di alfamart) 300.000

Jumlah Biaya – biaya : Rp. 2.450.000

LABA Bersih : Rp. 2.050.000

BEP : +/- 2 Bulan dan paling lama 3 Bulan
Bagaimana jika anda memiliki 2,3,4 atau bahkan 10 gerobak????

Referesi : usahamodalkecil31.blogspot.com

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s