Usaha gorengan 2

Jual Gorengan, Usaha Modal Kecil Menjanjikan

Jual Gorengan, Usaha Modal Kecil Menjanjikan – Usaha apapun kalau menjanjikan pasti kita mau bukan? Nah, kali ini kita akan bahas mengenai usaha gorengan yang memiliki prospek cukup bagus untuk kita tekuni. Banyak yang memandang sebelah mata terhadap usaha makanan ini namun sebenarnya usaha ini merupakan usaha dengan modal kecil yang cukup menjanjikan. Tidak percaya, coba ikuti pembahasan mengenai peluang usaha tersebut di bawah ini.

Tentu kita tidak akan langsung percaya jika ada yang mengatakan bahwa Usaha Jual Gorengan merupakan jenis usaha yang peluangnya bagus. Ya, disini kita akan menelaah lebih jauh mengenai usaha ini sehingga kita dapat menyimpulkan sendiri apakah usaha ini bagus atau tidak untuk dikembangkan. Yang akan kita bahas adalah bagaimana prospek atau peluang usaha gorengan, analisa usaha dan juga beberapa informasi lain yang berkaitan dengan bisnis ini.

Sebagai gambaran awal mengenai seberapa jauh prospek usaha ini berikut ada satu kisah sukses seorang pemuda yang mampu mendapatkan penghasilan ratusan juta perbulan hanya dengan jual gorengan. Adalah Riyadh Ramadhan, seorang mahasiswa berusia 19 tahun, lulusan SMA Al Hikmah Surabaya yang telah sukses menjalankan usaha makanan ini. Seperti diberitakan di merdeka.com, dengan harga Rp 6.000-Rp 9.000 per kotak dari tiga gerai, total omzet yang didapatnya mencapai Rp 120 juta per bulan, dengan laba sekitar 40 persen dari omzet.

Pada Oktober 2010 Riyadh pun resmi menawarkan kemitraan usaha. Hingga kini Riyadh telah memiliki 12 gerai usaha yang tersebar di beberapa kota, antara lain Jakarta, Bekasi, Malang, dan Balikpapan. Berita selengkapnya baca di: jualan gorengan mahasiswa raup untung 120 juta perbulan

Analisis Peluang Usaha Jual Gorengan

Meski di atas kita telah membaca satu kisah sukses usaha ini namun untuk menjalankan usaha ini tentu kita harus memastikan terlebih dahulu apakah usaha ini prospek atau tidak. Maka dari itu kita harus mencari tahu bagaimana peluangnya. Baca juga, peluang usaha makanan dan minuman.

Untuk menentukan bagus atau tidaknya usaha ini tentu ada hal yang harus kita pelajari dan kita analisa. Apa saja hal-hal yang menentukan prospek usaha gorengan tersebut? Usaha dagang gorengan secara umum memiliki peluang yang bagus dan menjanjikan. Namun peluang usaha ini tentu dapat berbeda-beda satu sama lain karena peluang tersebut dapat dipengaruhi beberapa faktor antara lain seperti dijelaskan di bawah ini.

1. Lokasi usaha
Lokasi sebuah bisnis atau usaha sangat menentukan prospek atau tidaknya sebuah bidang usaha. Lokasi akan berhubungan langsung dengan target konsumen yang akan dibidik baik dari sisi jenis konsumen, jumlah dan kebutuhan konsumen tersebut.

Untuk usaha gorengan, lokasi yang paling bagus adalah di pinggir jalan besar yang banyak diakses orang lewat. Lokasinya di pinggir jalan besar, yang banyak dilalui dan bagusnya kalau pengendara (orang lewat) bisa melihat langsung tempat tersebut. Selain itu di daerah kampus (perguruan tinggi), daerah anak kost, pasar dan beberapa lokasi ramai lainnya. Yang perlu diperhatikan dalam menentukan bagus tidaknya lokasi adalah:
– Banyak tidaknya calon konsumen
– Mudah tidaknya akses

Sebuah lokasi yang memiliki potensi calon konsumen yang banyak dan mudah diakses akan sangat menentukan bagus tidaknya usaha yang akan dijalankan disana. 

2. Budaya masyarakat / penduduk
Karena kita akan mendirikan usaha gorengan maka kita harus paham dan tahu siapa saja yang akan menjadi target konsumen usaha tersebut. Sekarang mari kita bertanya pada diri kita sendiri kira-kira siapa yang akan membeli gorengan yang kita jual?

Untuk urusan konsumen ini kita perlu memperhatikan juga mengenai kebiasaan atau budaya masyarakat di sekitar lokasi usaha kita. Apakah mereka bisa dijadikan sebagai target konsumen kita? Apakah mereka suka dengan gorengan? Seberapa banyak gorengan yang mereka habiskan dalam satu bulan? Pertanyaan-pertanyaan seperti itu bisa kita analisa untuk mendapatkan gambaran yang lebih jauh mengenai penduduk yang akan kita jadikan target market usaha gorengan ini.

3. Profesi atau pekerjaan masyarakat
Masih mengenai konsumen atau pembeli, jika kita ingin membuka usaha gorengan maka orang yang punya profesi apakah yang suka membeli produk kita? Apakah pegawai buruh suka makan gorengan? Ya, seperti itulah kira-kira beberapa cara dalam mencari informasi lebih jauh mengenai calon konsumen untuk usaha yang akan segera kita buka tersebut.

4. Daya beli
Untuk usaha ini saya rasa tidak akan ada kendala untuk masalah daya beli masyarakat calon konsumen kita. Usaha ini produknya sangat terjangkau baik dari kelangan bawah sekalipun. Meski begitu kita dapat memperhitungkan masalah ini dengan mencari informasi lebih jauh mengenai kemampuan daya beli masyarakat sekitar.

Kita bisa melihat atau mencari informasi mengenai penghasilan yang masyarakat dapatkan. Seorang pedagang klontongan bisa mendapatkan penghasilan setiap hari berbeda dengan petani sawah yang harus menunggu panen dan berbeda juga dengan buruh yang biasanya mendapatkan gaji sebulan sekali. Kalau kita bisa mendirikan usaha di tengah masyarakat yang penghasilannya setiap hari maka itu merupakan hal yang sangat bagus.

5. Persaingan

Persaingan juga akan menentukan mudah tidaknya kita mendirikan sebuah usaha. Bidik yang sedikit persaingan nya namun dengan prospek konsumen diatas batas bawah. Untuk usaha jual gorengan, ini juga sangat mempengaruhi kesuksesan usaha ini. Pembahasan mengenai hal ini sudah sering kita ulas, yang jelas intinya adalah kita cari yang persaingannya paling rendah namun konsumennya paling tinggi. 

Cara Memulai Usaha Gorengan yang Sukses

Untuk yang akan menjawab tantangan peluang usaha kuliner ini sekarang kita akan membahas mengenai beberapa hal untuk memulai usaha ini dengan sukses. Sebelum mulai usaha, tentu kita harus melakukan analisa usaha dagang gorengan dan juga menyiapkan modal. Apa saja modal yang harus dipersiapkan? Untuk modal yang harus disiapkan tentunya modal usaha untuk memenuhi kebutuhan yang akan kita gunakan untuk membuka usaha tersebut.

Jika kita akan membuka atau memulai usaha jual gorengan sukses maka yang perlu kita siapkan antara lain sebagai berikut:

– Gerobak atau etalase: 1.500.000 – 2.000.000

– Kompor dan tabung gas: 200.000 – 300.000

– Penggorengan dan spatula: 100.000 – 200.000

– Beberapa baskom adonan: 50.000 – 100.000

Di atas adalah hitungan kasar dari jumlah modal yang harus kita siapkan untuk peralatan usaha atau bisa juga kita sebut sebagai modal pertama jual gorengan. Sebagai pertimbangan, sekarang mari kita coba perhatikan analisis bisnis gorengan berikut ini :

Modal Awal

Bahan baku = Rp    100.000

Gerobak = Rp    300.000

Gas elpiji dan kompor = Rp    100.000

Peralatan = Rp    200.000

Lain-lain = Rp    25.000    +

Jumlah     = Rp    725.000

Biaya Operasional

Pembelian bahan baku = Rp    60.000

Gas elpiji = Rp    15.000

Minyak goreng = Rp    15.000

Lain-lain = Rp    10.000    +

Jumlah     = Rp    100.000

Pemasukan

Omzet tiap hari = 300 buah × @ Rp 500 = Rp 150.000

Laba bersih yang Anda peroleh tiap hari sebesar Rp 50.000

Laba bersih per bulan = Rp 50.000 × 30 hari = Rp 1.500.000

Harga yang bisa Anda tawarkan sekitar Rp 500 sampai Rp 750 per gorengan dengan keuntungan Rp 50 hingga Rp 100 per gorengan. Kisaran keuntungan yang sebesar itu dan gorengan yang terjual bisa mencapai ratusan buah, maka dalam satu bulan, Anda bisa mendapatkan ke¬untungan bersih hingga ratusan ribu rupiah. Hal ini juga tergantung pada seberapa banyak Anda menjual gorengan per hari. (

Sumber: kuliahekonomimodern.wordpress.com)

Dari hasil analisa perhitungan di atas tentu kita tidak menyangka bahwa usaha sepele yang sepertinya tidak ada hasilnya tersebut mampu memberikan perkiraan penghasilan yang lumayan yaitu 1,5 juta, cukup bagus bukan?

Saat pertama kali membuka usaha ini maka jangan lupa kita juga harus mempertimbangkan masalah Tantangan dan Hambatan Usaha Jual Gorengan. Hal ini berguna untuk bekal kita dalam menjalankan usaha tersebut agar sukses. Kita juga harus memilih gorengan apa saja yang cocok untuk usaha dengan modal kecil tersebut.

Nah, sementara ini itu saja pembahasan kita mengenai Jual Gorengan, Usaha Modal Kecil Menjanjikan, semoga dengan pembahasan ini kita bisa mendapatkan ide-ide baru yang lebih kreatif dan menghasilkan. Ingat, dengan menjadi seorang wirausaha kita bisa mencapai kesuksesan yang lebih tinggi dari saat kita hanya bekerja sebagai buruh.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s