EFT, Langkah-Langkah Pembersihan Diri

EFT untuk Semua

Thursday, September 1, 2011

Langkah-Langkah Pembersihan Diri

Jika anda memiliki cita-cita mulia untuk membuat perubahan pada dunia, saya berada di belakang anda; dan sebagai pendukung nomor satu anda, saya ingin menyampaikan sebuah ilustrasi yang saya pikir patut anda simpan baik-baik. 

Seseorang, pada usia mudanya, betul-betul dipenuhi oleh gelora untuk mengubah dunia. Ia menjadi pemuda yang penuh semangat dan niat besar untuk mewujudkan apa yang dikehendakinya, tetapi dunia tidak berubah hingga ia berumur 40 tahun. Lalu ia menyempitkan sasaran perubahannya menjadi tidak lagi untuk mengubah dunia, tetapi negaranya. Di usia 50 tahun, ketika tenaganya melemah, negaranya tidak berubah. Tak ada masalah dengan itu sebab tokoh kita ini orang yang benar-benar gandrung untuk membuat perubahan. Gagal di lingkup negara, ia menurunkan lagi cakupan perubahannya menjadi hanya kota tempat tinggalnya. Dan, di usia 60 tahun, ia melihat kota tempat tinggalnya tidak berubah dan ia semakin tua.

Anda tahu, pada usia 60 tahun, ia sudah kehilangan kemudaan: staminanya melemah, otot-ototnya mengendur, dan fisiknya meloyo. Namun ia tetap ingin membuat perubahan, setidaknya di lingkup desanya. Dan, anda tahu, ia tak cukup punya waktu untuk itu. Sampai usia 65 tahun, desanya tidak berubah seperti yang ia inginkan. Di tahun-tahun terakhir hidupnya, ia tetap terobsesi untuk membuat perubahan, dan kali ini cukuplah di tingkat keluarganya. Dan keluarganya pun tidak berubah sampai ia menjadi sakit-sakitan di umur 73. Istrinya sudah 70 tahun dan mudah sakit-sakitan juga. Anak-anaknya sudah menjalani hidup masing-masing bersama keluarga mereka dan tidak lagi tinggal serumah dengannya. 

Pada hari-hari tuanya yang sunyi itu, ia tetap menyimpan hasrat untuk membuat perubahan. Paling tidak, karena telah gagal di segala lingkup, ia bisa membuat perubahan pada dirinya sendiri. Pada saat itulah ia menyadari bahwa semestinya hal itu ia lakukan ketika ia muda: membuat perubahan pada diri sendiri.

Ada sebuah rahasia di sini: ketika anda membuat perubahan pada diri anda, keseluruhan sistem di mana anda terlibat di dalamnya niscaya ikut berubah. Itu karena anda adalah bagian dari suatu keseluruhan. Kita semua adalah bagian tak terpisahkan dari sebuah sistem besar yang bernama semesta di mana kita terlibat di dalamnya.

Jika anda sekarang ini berubah dari seorang yang penyabar menjadi pemberang, keluarga anda akan merasakannya dan mereka membuat respons yang memadai atas perubahan yang anda tampilkan. Mereka mungkin akan gelisah dan tertekan oleh perubahan yang anda tampilkan. Keluar dari rumah, teman-teman anda menjadi tidak nyaman lagi berhubungan dengan anda; orang-orang di tempat kerja anda pun akan menjauhi urusan dengan anda. Dan, begitulah, sistem besar di mana anda terlibat di sana dengan sendirinya ikut berubah ketika anda melakukan perubahan kecil saja pada diri anda.

Begitu juga jika sebelumnya anda orang yang gamang mengambil keputusan, lalu anda mengubah diri anda menjadi seseorang yang tangkas mengambil keputusan (tentu saja kecakapan semacam ini perlu anda latih), maka keluarga anda, kerabat anda, dan teman-teman anda akan memberikan respons yang memadai terhadap perubahan anda. Keluarga anda mungkin lebih senang mendapati bahwa kini anda lebih bisa diandalkan; orang-orang yang berurusan dengan anda pun akan menyambut perubahan positif ini dan mereka akan mengimbangi perubahan anda.

Jadi, anda bisa membuat perubahan pada sebuah sistem besar dengan sedikit saja membuat perubahan pada diri anda.

Dalam cara pandang seperti itu, EFT akan menjadi sarana yang sangat bermanfaat bagi anda. Anda dengan mudah bisa menyingkirkan emosi-emosi negatif—sampah-sampah yang bertimbun di dalam diri anda—dan membuat energi tubuh anda mengalir lancar. Bukankah itu perubahan mendasar bagi anda?

Langkah-langkah Pembersihan Diri

Kali ini saya ingin menyampaikan bagaimana EFT digunakan untuk menghadirkan perubahan bagi diri sendiri. Sebenarnya ada strategi mudah yang ditawarkan oleh Gary Craig untuk hal ini, yang menjadikan anda benar-benar bisa rileks dan bisa menampilkan performa terbaik. Strategi itu adalah anda menerapkan EFT setiap hari untuk menyasar pengalaman-pengalaman yang menimbulkan emosi negatif dari masa kecil hingga hari ini. Silakan anda catat 50 pengalaman negatif sepanjang hidup anda. Kerjakan dari yang terberat, maka anda akan merasakan betapa berbeda diri anda ketika anda baru membereskan 5 saja. Mungkin pundak anda akan terasa ringan, leher anda yang biasanya kaku akan menjadi terbebas dari kekakuan, dan sebagainya. Dan lanjutkan sampai akhir. Ini hidup anda sendiri dan anda sendirilah yang bertanggung jawab membereskannya.

Lazimnya, karena kita cenderung lebih baik dalam mengingat pengalaman-pengalaman buruk, maka akan sangat mudah menemukan 50, 75, atau 100, atau bahkan 400 pengalaman negatif yang anda alami sepanjang hidup anda. Catat saja, bahkan pengalaman-pengalaman kecil yang mungkin kelihatannya sepele dan tidak terasakan lagi efeknya bagi anda. Garap dari yang terberat.

Saya tahu bahwa tidak banyak yang bisa melakukan ini. Hambatannya adalah tidak setiap orang memiliki ketekunan untuk membereskan diri sendiri dan kesediaan untuk meluangkan waktu beberapa menit setiap hari. Dan mungkin anda pun tidak memiliki ketekunan dan kesediaan semacam itu. 

Salam,
A.S. Laksana

N.B. Sebenarnya, saya tidak bisa mendorong anda lebih jauh dalam hal ini atau dalam hal apa pun menyangkut diri anda. Sebab andalah yang memutuskan hal terbaik bagi diri anda sendiri.

A.S. Laksana at 9:08 PM

Share

 

No comments:

Post a Comment

Links to this post

Create a Link

Home

View web version

Powered by Blogger.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s