Cak Nun bagiku

Awalnya ketika menjelajah ceramah-ceramah di youtube, saat mendarat pada Cak Nun, aku tidak terlalu tertarik dengan gaya ceramahnya, yang bahasanya campur aduk dan sesekali terdengar sarkasme.

Tapi entah karena apa, mungkin setelah aku browsing tentang konsep manunggaling KawuloGusti, dan aku dengarkan ceramah beliau baik2, utuh waktunya dari awal sampe akhir, aku justru merasa nyaman dan sepandangan dengan beliau.
Dibalik bahasanya yang ceplas-ceplos, terkadang membuatku tertawa terpingkal, tanpa mengurangi makna yang dapat kuserap.

Sudah dua kali ini, ceramah beliau seperti menamparku. Semakin mencerahkan caraku memandang kehidupan dan beragama.
Kalau cara Buya yang masih membekaskan rasa tidak puas atas jawaban beliau, lewat Cak Nun, aku merasa puas dan menjadi lebih paham tanpa mempertanyakan lagi.

(Doa atau al fatehah sampai atau tidak ke mayat?)

Pertama, soal pandangan kontroversial mengenai Bid’ah.

Banyak ulama yang begitu mudahnya membid’ahkan sesuatu, apalagi yang budaya setempat. Meski pendapat mereka tidak salah, tapi kadang memang terlalu ekstrim.
Cak Nun memberikan penjelasan yang lebih masuk akal.

Kedua, tentang kepribadian.
Ada seseorang yang dengan mudahnya mengkritik sisi kelemahan orang lain, bahkan tanpa melihat sisi positifnya.
Cak Nun bilang, semakin tambah usia, seharusnya kita semakin peka melihat kelemahan diri dan pandai melihat kelebihan dan kebaikan oran lain.

Ini benar-benar menamparku.
Selama ini iya, aku selalu saja melihat kelemahan dan keburukan orang lain, sehingga dengan mudahnya aku menganggap rendah orang itu dan tidak menghargainya, dan menjadi emosi karenanya.

Terimakasih Cak Nun, ceramah-ceramah Anda, menyadarkan jiwa saya menambah pengetahuan saya,
Semoga Allah swt, senantiasa melimpahkan berkat rahmat karunia-Nya pada Cak Nun sekeluarga. Amin.

# ingatlah….keberadaan kita adalah anugrah ato rahmat Allah,
Bersyukur kita dijadikan manusia dan bukan iblis…

Leave a Reply

