Potensi jualan sayur

Samsul Arifin ~ Mahasiswa Jualan Sayur Dengan Omzet 180 Juta Per Bulan

June 26, 2015 • By Tasbihul Mamnun

Share Tweet Pin Mail

Apapun usaha yang dijalankan, asal dikelola dengan serius dan fokus, maka kesuksesan akan semakin mudah diraih. Meskipun mungkin bisnis yang sedang dikelola adalah bisnis yang terlihat sepele, namun jangan pernah remehkan bisnis itu.

Semuanya tergantung bagaimana cara mengelola dan menjalankannya. Bagaimana menerapkan setrategi yang tepat, meskipun dengan bisnis yang sepele, itu lebih menjanjikan daripada bisnis besar namun tanpa setrategi yang tepat.

Samsul Arifin adalah contoh yang tepat pelaku bisnis sederhana namun mampu menghasilkan omzet yang luar biasa. Samsul Arifin adalah seorang mahasiswa yang berhasil menjalankan bisnis jual beli sayur dan buah dengan omzet mencapai 185 per bulan juta rupiah. Apa sebenarnya rahasia sukses Samsul Arifin dalam mengelola bisnis sayur ini, simak kisah suksesnya di bawah ini.

Modal Awal Jualan Sayur 1 Juta Rupiah

Samsul Arifin menuturkan memulai usaha yang kini sukses sampai seperti sekarang ini kurang lebih sejak empat tahun yang lalu. Ia mengaku berjualan sayur berawal karena ingin menutup biaya kuliah yang selalu kekurangan. Saat itu, kira-kira berusia 20 tahunan, Samsul memberanikan diri untuk terjun langsung berjualan sayur. Saat itu sebenarnya modal yang ia miliki sangatlah sedikit dan sangat jauh dari cukup untuk memulai sebuah bisnis.

Kala itu, modal yang ia miliki sebesar 1 juta rupiah. Uang itu ia manfaatkan dengan sebaik-baiknya untuk kulakan membeli sayur langsung dari petani. Setelah mendapatkan sayur dari petani kemudian ia jual dan dijajakan di pasar. Dengan ketekunannya menjalankan bisnis ini, yang semula hanya untuk menutup biaya kuliah, ternyata bisnisnya berkembang sangat pesat. Dengan perkembangn yang demikian pesat ini, membuat Samsul Arifin menjadi lebih semangat untuk menekuni bisnis ini.

Artikel lain: Fendra Agoprilla Putra ~ Sarjana Cerdas yang Sukses Membangun Bisnis Mie Nyonyor

Kesuksesan Yang Tidak Disangka Sebelumnya

Meskipun saat ini bisnis yang ditekuni Samsul Arifin terbilang sukses, ia tidak pernah menyangka sama sekali akan sampai sesukses seperti ini. Target awalnya dahulu hanyalah berjualan untuk bisa menutupi biaya kuliah. Namun dengan keuletan dan kegigihan dalam menjalankan sebuah bisnis, meskipun itu hanya berupa bisnis kecil maka hasil yang sangat luar biasa bisa tercapai.

Dengan semakin berkembangnya usaha yang ia kelola, mengharuskan Samsul merekrut karyawan untuk membantu operasioinal bisnisnya. Saat ini Samsul sudah memiliki cabang untuk berjualan sayur. Yang dulunya hanya ada lapak di Pasar Blok A, sekarang Samsul membuka lapak baru di Pasar Induk Kramat Jati. Dari kedua lapak tersebut, Samsul mempekerjakan 5 orang karyawan. Tiga orang membantunya berjualan di Pasar Blok A dan dua orang lainnya menjaga kios di Pasar Kramat Jati.

Dari menjalankan usaha dagang sayur tersebut, kini Samsul sudah memiliki motor, mobil dan juga sudah mampu membangunkan rumah untuk orang tuanya. Dan tentu saja ia sudah mampu membiayai kuliah sendiri. Omzet yang ia dapatkan pun juga tidak main-main, perhari rata-rata ia mampu menghasilkan 6 juta rupah, jika dihitung perbulan maka ia mampu mendapatkan omzet tak kurang 180 juta rupiah.

Kunci Sukses Samsul Arifin Dalam Berbisnis

Ia menekankan kepada siapa saja, terutama pada pengusaha muda, bahwa dalam menjalankan usaha tidak perlu takut untuk memulainya. Meskipun barangkali tidak memiliki modal sebelumnya. Ia menjelaskan bahwa modal akan datang jika kita semua mau berusaha untuk mendapatnya.

“Jangan takut nggak punya modal, kalau mau usaha pasti ada jalan,” begitu pungkasnya.

Selain itu, ia juga menghimbau untuk para pemuda agar segera memulai usaha sejak dini. Hal ini sangat penting menurut Samsul Arifin, karena ketika usaha sebuah usaha sudah dimulai atau dijalankan sejak dini, maka akan banyak sekali pengalaman berharga yang sangat berguna untuk menopang kesuksesan bisnis ke depannya.

Baca juga: Wahyudin ~ Tak Menyerah Pada Nasib, Mantan Pemulung Ini Bersiap Masuk S3 Luar Negeri

Harapan Kepada Pemerintah

Sebagai seorang pedagang di pasar, tentu Samsul harus mematuhi regulasi atau peraturan yang berlaku. Mengenai hal ini, Samsul memiliki harapan besar terhadap Pemerintah. Ia sangat berharap pada Pemerintah untuk selalu bisa menjaga stabilitas ekonomi dengan kebijakan yang bisa memberikan kepastian usaha.

“Kalau aturannya konsisten, kita usaha juga pasti, jadi pedagang seperti kita bisa hidup,” ungkapnya.

Dengan kebijakan yang pasti, maka bekerjapun akan lebih nyaman dan tenang sehingga bisa lebih fokus dalam mengembangkan usaha. Itulah harapan seorang samsul kepada pemerintah, ia berharapa ke depan perhatian pemerintah terkait hal tersebut bisa semakin ditingkatkan.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s