Mentoring 7HJOL hari 2

​[23/9 21:08] Eko Juni: Kali ini kita akan membahas tentang *PRODUK*

[23/9 21:09] Eko Juni: Kerana percayalah, secangkir ilmu yg kemarin tidaklah berguna kalau anda BELUM PUNYA PRODUK

[23/9 21:10] Eko Juni: Dan sebelum saya lanjut, saya akan memberitahu bahwa sesi “produk” sangatlah membosankan

[23/9 21:10] Eko Juni: Apalagi kalau anda sudah punya? Anda boleh skip aja ^_^

[23/9 21:11] Eko Juni: Walaupun, ternyata masih banyak penjual masih belum punya *PRODUK* *YANG* *TEPAT*

[23/9 21:12] Eko Juni: Produk Tepat = produk yang _diinginkan_ & _dibutuhkan_

[23/9 21:13] Eko Juni: Dan yg harus di GARIS BAWAHI adalah

[23/9 21:13] Eko Juni: Menentukan Produk yg tepat itu BERBEDA dengan menentukan bisnis yg tepat

[23/9 21:14] Eko Juni: Kalau ada yg tanya ke saya, Bisnis apa yg paling Bagus?

[23/9 21:15] Eko Juni: Saya selalu jawab SEMUA BISNIS BAGUS, dan semua bisnis punya potensi yg sama

[23/9 21:15] Eko Juni: Tergantung si Empunya bisnis mengolah sistem bisnisnya

[23/9 21:16] Eko Juni: Karena mereka mempunyai _Maerket_ _Ideal_ sendiri untuk memasarkan produk mereka

[23/9 21:17] Eko Juni: Tapi kalau pertanyaannya, Produk apa yg Bagus?

[23/9 21:17] Eko Juni: *GAK* semua produk Bagus!!!

[23/9 21:18] Eko Juni: Karena juka baru tanya produk, pada dasarnya orang tersebut baru mau jualan, belum BERBISNIS

[23/9 21:19] Eko Juni: Karena _Jualan_ & _Bisnis_ itu jelas *BEDA*

[23/9 21:20] Eko Juni: BISNIS bisa berjalan MULUS = asal SISTEM BAGUS

[23/9 21:21] Eko Juni: JUALAN bisa banyak FULUS = asal PRODUK BAGUS

[23/9 21:21] Eko Juni: Contoh gampango

[23/9 21:21] Eko Juni: Misalkan, anda saya suruh jualan ‘Kertas HVS’ ?

[23/9 21:22] Eko Juni: Kira kira bisa berapa lembar anda jual? Berapa income yg didapat?

[23/9 21:22] Eko Juni: #kehitung

[23/9 21:23] Eko Juni: Tapi yg perlu anda ketahui adalah PT. Pakerin Indonesia menjual 700.000 Ton kertas per Tahun

[23/9 21:23] Eko Juni: TON! TON!

[23/9 21:24] Eko Juni: Profitnya berapa?

[23/9 21:24] Eko Juni: #itungAjaSendiri

[23/9 21:24] Eko Juni: Nah, kira kira gampangnya gitu

[23/9 21:24] Eko Juni: Gak perlu saya perpanjang lagi

[23/9 21:24] Eko Juni: Nanti pusing jadinya

[23/9 21:25] Eko Juni: Intinya

[23/9 21:25] Eko Juni: Gak Semua Produk Bagus, kalau anda baru Jualan

[23/9 21:25] Eko Juni: Tapi saya gak akan bahas Bisnis, saya bahas Jualan dulu

[23/9 21:26] Eko Juni: Dari segi Produk, produk itu ada 2 Tipe

[23/9 21:27] Eko Juni: 1 Produk *TREND* (musiman)

2 Priduk *LONG* *TERM* (sepanjang masa)

[23/9 21:28] Eko Juni: Saya jelasin produk TREND dulu, dan gimana cara nentuinnya

[23/9 21:28] Eko Juni: Kalo sekarang Gampang Banget

[23/9 21:28] Eko Juni: Dulu ketika mau RISET, produk laku apa ngga?

[23/9 21:29] Eko Juni: Saya harus riset dulu di Google Adwords, lihat grafik dan trafik trend di google

[23/9 21:30] Eko Juni: Dan itupun gak AKURAT, karena risetnya gini

[23/9 21:31] Eko Juni: Kita hanya bisa mengetahui, seberapa banyak orang mencari Produk A di Google

[23/9 21:31] Eko Juni: Maka keluarlah hasil “produk A telah di cari 20.659 kali di google”

[23/9 21:32] Eko Juni: ——– *KENYATAANNYA* ——–

[23/9 21:32] Eko Juni: Banyak DICARI, belum tentu banyak DIBELI

[23/9 21:33] Eko Juni: Contohnya yg ini 👇🏻

[23/9 21:34] Eko Juni: *Smart* *Balance* , banyak banget di cari, bahakan sangat TREND, tapi belum banyak di Beli

[23/9 21:35] Eko Juni: Lalu gimana risetnya?

[23/9 21:36] Eko Juni: Contoh saya sendiri, selama dulu kurang lebih 4 bulan saya Fokus Hanya Import Jam Tangan Android (Smartwatch) saja,

[23/9 21:36] Eko Juni: Dan sebelum import, saya riset dulu

[23/9 21:40] Eko Juni: Anda tinggal buka aplikasi tokopedia di ponsel

[23/9 21:42] Eko Juni: > ketik jenis produk

[23/9 21:42] Eko Juni: > urutkan

[23/9 21:42] Eko Juni: > pilih penjualan

[23/9 21:43] Eko Juni: Nanti, disana akan muncul banyak seller2 dengan Penjualan Top Tertinggi

[23/9 21:44] Eko Juni: Dan tertulis juga Berapa Banyak Produk TERJUAL, dan Berapa BANYAK produk di *CARI* (view)

[23/9 21:45] Eko Juni: Kalau 5 seller dijumlahkan, dan total penjualan 5 seller tersebut di atas 1000 unit

[23/9 21:46] Eko Juni: Berarti produk tersebut sangat _diinginkan_ (produk yang tepat)

[23/9 21:46] Eko Juni: Dan jualan produk TERM itu sangat gampang

[23/9 21:48] Eko Juni: Karena pasar yg minta sudah BANYAK (Exist Market), kita tinggal nyediain barangnya = *LAKU*

[23/9 21:48] Eko Juni: So, jualan produk Trend cenderung nggak perlu jago jualan ^_^

[23/9 21:49] Eko Juni: Tapi hati hati juga, namanya juga TREND

[23/9 21:49] Eko Juni: Maka aa masa berlakunya

[23/9 21:50] Eko Juni: Kita harus pandai baca pasar, kapan pasar mulai berhenti membutuhkan produk ini

[23/9 21:50] Eko Juni: —INTINYA—-

[23/9 21:51] Eko Juni: Produk Trend adalah produk yg banyak _diinginkan_ pasar

[23/9 21:51] Eko Juni: Dan cepet cepet pindah jika dirasa sudah mulai turun

[23/9 21:52] Eko Juni: Masih inget Fenomena Gelang Power Balance, yang BOOM kemana mana?

[23/9 21:52] Eko Juni: Tapi MATI di ganti dengan Power Bank

[23/9 21:53] Eko Juni: Eh, ganti lagi Tongsis, ganti lagi Gelang Jam Tangan LED, ganti lagi Smartwatch

[23/9 21:53] Eko Juni: Dan ganti lagi ganti lagi ……

[23/9 21:53] Eko Juni: Ya, pokoknya Trendnya ganti terus

[23/9 21:54] Eko Juni: Nah, yang kedua adalah _Produk_ _Long_ _Term_

[23/9 21:54] Eko Juni: Kalo ini sih gak usah sok sok Riset

[23/9 21:55] Eko Juni: Karena Produk Long Term adalah Produk Sepanjang Masa yang sudah pasti bakalan LAKU

[23/9 21:55] Eko Juni: Tinggal tergantung strategi jualan kita

[23/9 21:56] Eko Juni: Tapi justru karena faktor jualan itu jugalah kompetitornya BERDARAH DARAH

[23/9 21:56] Eko Juni: Contohnya apa?

[23/9 21:56] Eko Juni: Banyak

[23/9 21:57] Eko Juni: Kosmetik, Kaos, Sepatu, Produk Kesehatan dll

[23/9 21:57] Eko Juni: Samapai kapanpun perempuan akan selalu pengen tampil cantik

[23/9 21:58] Eko Juni: Orang selalu pengen Elegan dengan sepatu dan kaos barunya

[23/9 21:58] Eko Juni: Dan orang akan selalu ingin SEHAT

[23/9 21:59] Eko Juni: Terjemahan bebas saya, Priduk Long Term adalah Produk yang bukan sekedar *DIINGINKAN* ,

[23/9 21:59] Eko Juni: Tapi juga *DIBUTUHKAN*

[23/9 22:00] Eko Juni: Orang tidak akan bisa hidup tanpa produk tersebut

[23/9 22:00] Eko Juni: Saran saya kalau anda masih bingung masalah produk, lebih baik main Long Term aja

[23/9 22:01] Eko Juni: Walau pelan, tapi keuntungan stabil menanjak

[23/9 22:02] Eko Juni: BEDA dengan produk Trend, yg untungnya gede tapi cuma sekali abis itu Mati

[23/9 22:02] Eko Juni: Mungkin anda masih bingung ya?9

[23/9 22:02] Eko Juni: Kok kenapa jualan produk Trend itu Gampang banget

[23/9 22:03] Eko Juni: Saya kalau main sektor Produk Trend, cukup di anggurin doang pun udah laku ribuan perbulannya 😀

[23/9 22:04] Eko Juni: Nah, itulah yg nanti akan saya bahas panjang lebar dan DETIL BESOK

[23/9 22:04] Eko Juni: Kan, tadi saya suah izin kan kalau hari ini membosankan, hehehehe 😅

[23/9 22:05] Eko Juni: Baru besok Bahas Strategi PENJUALAN lagi ya

[23/9 22:05] Eko Juni: Oke sip?
[24/9 10:56] Sri Agus Hariani: Saya akan berikan Analogi mudah yaitu mengenai ‘bisnis Properti’

[24/9 10:56] Sri Agus Hariani: Seorang Pebisnis Properti bisa untung sangat besar dengan cara, membeli tanah dengan Harga yg sangat Murah lalu menjualnya dengan harga yg sangat Tinggi

[24/9 10:56] Sri Agus Hariani: Pertanyaan menariknya, bagaimana Si pebisnis Properti bisa Menjual dengan Harga Tinggi ?

[24/9 10:56] Sri Agus Hariani: Namun karena akan dibangun MALL, Mendadak Tanah sekitar jadi mahal
Namun karena akan dibangun Apartemen, Mendadak Tanah sekitar jadi Mahal
Namun karena akan dibuat Akses Jalan Tol, nilai tanah diarea tersebut jadi cocok untuk Perumahan sehingga jadi mahal

[24/9 10:56] Sri Agus Hariani: Jawaaban dari semuanya adalah “Information Access”

[24/9 10:56] Sri Agus Hariani: Ternyata Prospek Kedepan Dari tanah tersebut Sangat bagus, membuat Nilai tanah di area tersebut Menjadi tinggi

[24/9 10:56] Sri Agus Hariani: Yang Awalnya Tanah Kosong biasa, Bahkan Hutan atau Perkebunan Liar

[24/9 10:56] Sri Agus Hariani: Pertanyaannya, bagaimana si Pebisnis tadi bisa tahu kalau Akan dibangun Mall, Apartment, atau jalan tol ?

[24/9 10:56] Sri Agus Hariani: Dan Informasi tersebut didapat dari “RELASI” Sesama Pebisnis Properti, Developer, Kontraktor dan Pihak Pihak yg berhubungan dengan Properti

[24/9 10:56] Sri Agus Hariani: Begitupun dengan, TREND PRODUK

Trend Produk sebenarnya BUKAN Dicari atau Ditemukan, TAPI DICIPTAKAN

[24/9 10:56] Sri Agus Hariani: Kenapa Akhir 2015 Trendnya adalah Smartwatch ? 
Ya karena Sebuah Brand dan Suatu Negara Memang lagi Menciptakan ‘Smarwatch’ (Sengaja dibuat Trend)

[24/9 10:56] Sri Agus Hariani: Lalu si Importir lah yg berperan mendistribusikan ke  seluruh Negara

[24/9 10:56] Sri Agus Hariani: Agar kita bisa ‘Colong Start’ gimana ?
Jawabannya sama “INFORMATION ACCESS” dan “RELATION”

[24/9 10:56] Sri Agus Hariani: Berelasi lah dengan Para Importir Importir dan Supplier

[24/9 10:56] Sri Agus Hariani: Jika tidak ada Relasi Maka tidak ada Informasi

[24/9 10:56] Sri Agus Hariani: Tidak ada Informasi maka kita tidak akan tahu

[24/9 10:56] Sri Agus Hariani: Kesimpulannya :
Memang tidak ada cara yg lebih baik lagi selain, memperbanyak Relasi untuk saling bertukar informasi

[24/9 10:56] Sri Agus Hariani: ☝abdul muiz

[24/9 17:08] ‪+62 877-7610-0060‬: #ASK
bagaimana pendapat coach dalam hal reseller thd produk, fashion misalnya. Apakah lebih baik menjual fokus pada 1 merk atau ambil beberapa merk? Trims

[24/9 17:09] ‪+62 877-7610-0060‬: Tergantung Target Marketnya ke Mana ? Di Negara yang mayoritas Ekonominya menengah kebawah seperti Indonesia 
Produk “Fashion” sebenarnya tidak serta merta melihat ‘Merk’

[24/9 17:11] ‪+62 877-7610-0060‬: karena tujuan membeli Produk Fashion semisal Kaos adalah ‘Agar saya terlihat Keren’

[24/9 17:12] ‪+62 877-7610-0060‬: Pasar tidak pernah membeli Kaos, yang mereka beli adalah ‘Emosi’nya (Design Dari kaos tersebut)

[24/9 17:12] ‪+62 877-7610-0060‬: Kalau boleh saya urutkan maka begini
1. DESIGN-Nya

2. BAHAN-Nya

3. HARGA-Nya

4. MERK-Nya (Brand) nya

[24/9 17:13] ‪+62 877-7610-0060‬: Jadi, tidak peduli Mau Satu Merek atau banyak Merek. Yang Penting bagi kebanyakan Pasar Indonesia adalah DESIGNYA bagus dan Harganya juga Pas di kantong. Urusan Merk sering di kesampingkan
Karena Tujuannya adalah “KEREN” dipake dulu

[24/9 17:13] ‪+62 877-7610-0060‬: Namun, tentu beda Halnya jika Target Market anda adalah ‘Middle Up Class’

[24/9 17:14] ‪+62 877-7610-0060‬: Seperti kalangan Artis, Pejabat tinggi, Bos Perusahaan dll

[24/9 17:14] ‪+62 877-7610-0060‬: Nomor Satu yg dicari adalah BRANDEDnya dulu (Nomor Satu)
Karena yg mereka beli adalah ‘GENGSI’nya

[24/9 17:15] ‪+62 877-7610-0060‬: Bahannya Harus BAGUS, Harganya Pun harus MAHAL

[24/9 17:16] ‪+62 877-7610-0060‬: Malu dong, Meeting pake Brand Kawe (Palsu)

[24/9 17:17] ‪+62 877-7610-0060‬: tapi Rumus ini tidak berlaku jika Produknya berbeda

[24/9 17:18] ‪+62 877-7610-0060‬: Setiap Product punya Market Perception nya masing – masing

[24/9 17:18] ‪+62 877-7610-0060‬: Saya ambil contoh kedua adalah ‘Sepeda Motor’

[24/9 17:19] ‪+62 877-7610-0060‬: Selain Feature, Design, Warna serta yg lainnya, yang mereka lihat nomor satu adalah 
“Awet gak Nih Motornya?” (Mesinnya)

[24/9 17:20] ‪+62 877-7610-0060‬: Kenapa Mereka beli ‘Awet’nya ?
Lagi-Lagi karena Faktor Ekonomi Indonesia yg Rendah

[24/9 17:20] ‪+62 877-7610-0060‬: Bagi mereka Motor itu barang Mewah yang harganya ‘Mahal’
Maka dari itu ‘Keawetan’ (Daya Tahan) motor menjadi Nomor satu

[24/9 17:20] ‪+62 877-7610-0060‬: Gak mau dong keluar duit ‘Puluhan Juta’ untuk Barang yg Rusak dalam waktu setahun ?

[24/9 17:20] ‪+62 877-7610-0060‬: Itulah alasan kenapa Honda dan Yamaha begitu Mendominasi Pasar Indonesia
Karena yg mereka percaya ya 2 Brand tersebut

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s