Skill with people 2

*IX. CARA TERAMPIL UNTUK MENENTUKAN SUASANA HATI ORANG*

Anda bisa membuat 9 dari 10 orang menyukai Anda dengan seketika. Anda bisa membuat 9 dari 10 orang bersikap sopan, kooperatif dan bersahabat hanya dalam 1 detik.

Ada 2 hal yang perlu Anda ketahui :

1. DETIK PERTAMA pertemuan menentukan suasana atau atmosfir pertemuan selanjutnya. Jika di detik pertama sikapnya formal maka selanjutnya akan bersikap formal. Tetapi jika di detik pertama sdh cair, selanjutnya ya cair.

2. Seseorang bersikap seperti cermin (Hukum Alam Kesesuaian). Mereka biasanya menanggapi dg baik perilaku orang lain.

Dengan dua pengetahuan dasar tadi, kita bisa menciptakan suasana yg baik bagi pertemuan ini, dengan cara tersenyum. Berilah SENYUM TULUS ANDA saat pertama kali kontak mata.

Bagi Anda yg jarang bergaul dengan orang lain, mulailah belajar tersenyum tulus. Sengajalah untuk berlatih senyum di depan kaca.

Bpk Ignatius Jonan saat masih direktur PJKA, pernah dipaksa tersenyum oleh menteri BUMN Dahlan Iskan. Setiap pagi pak Jonan mengirim foto dirinya sedang tersenyum ke pak Dahlan dengan komentar :”Begini sudah pas pak ?”. Dan setiap kali dapat foto, pak Dahlan mengatakan kurang tulus. Sampai benar benar bisa tersenyum tulus.

*X. CARA TERAMPIL UNTUK MEMUJI ORANG*

Seseorang tidak hanya hidup dengan memakan nasi atau roti. Kita juga butuh makanan lain untuk batin kita, yaitu PUJIAN. Coba ingat ingat ketika Anda mendapat pujian dari suami atau isteri Anda. Sepanjang hari dunia terasa berbeda. Rasakan berapa lama perasaan itu bertahan.

Untuk memuji orang dengan benar, ada aturannya.

1. Pujian harus tulus. Jika tidak tulus, jangan diberikan.

2. Pujilah perbuatannya, jangan orangnya. Misal, “Mbak Siti, masakannya ini enak sekali”, dibandingkan “Mbak Siti anda orang baik”

Ada resep kebahagiaan kuno, yaitu Anda akan bahagia jika bisa membahagiakan orang lain. Mulai besok, sengajalah mencari 3 orang yg bisa Anda puji. Kemudian rasakan bagaimana perasaan Anda.

*XI. CARA TERAMPIL UNTUK MENGRITIK ORANG*

Saya dulu punya kegemaran mengritik. Hampir apapun saya kritik. Saya sering menulis di Tempo, Jawa Pos dll untuk mengritik suatu kebijakan yg menurut saya tidak pas. Saat saya menjadi dokter muda, yaitu tahap akhir pendidikan dokter, ayah saya memelesetkan gelar DM atau Drs Med itu dengan dokter maido. Atau dokter yang senang mengritik orang lain.

Saya orang idealis, tidak suka melihat hal hal yang menurut saya tidak benar. Tujuan saya mengritik adalah untuk membuat orang itu lebih baik dan melakukan hal hal dengan benar. Atau istilahnya “kritik yang membangun”.

*Ternyata saya salah. Setelah belajar komunikasi di N21, tidak ada kritik yang membangun. Semua kritik sifatnya menghancurkan orang yang kita kritik.* Disamping itu, obyek yang kita kritik justru akan dipertahankan mati matian, karena merasa ada ancaman disana.

Karena itu sebaiknya tahanlah diri untuk tidak mengritik. Apalagi kalau tujuannya hanya untuk memperingatkan orang lain, atau menjejalkan sepenggal gagasan Anda, atau memberinya hukuman. Maka Anda tidak akan mendapat manfaat apa apa selain kepuasan yang keliru karena sudah berhasil melampiaskan kebengisan Anda.

Seandainya . . . Seandainya Anda benar benar merasa perlu mengritik, maka ada aturan aturan ketat agar kritik Anda itu berdaya guna. Ke 7 aturan itu adalah :

1. Jangan pernah mengritik di depan umum. Tidak ada pintu yg terbuka, tidak ada suara keras, tidak ada orang lain yg tahu. Mutlak antar pribadi.

2. Mulailah dengan kata atau pujian yg baik. Istilahnya, beri ciuman dulu sebelum memberi pukulan.

3. Kritik perbuatannya, jangan orangnya.

4. Sediakan jawaban. Jangan hanya bisa mengritik, tetapi Anda perlu juga memberi tahu bagaimana cara melakukan yg benar.

5. Mintalah kerjasama, jangan menuntutnya. Anda akan mendapat kerjasama yg lebih baik jika Anda memintanya, bukan menuntutnya. Menuntut adalah upaya terakhir.

6. Satu kritikan untuk satu perbuatan. Jangan pernah mengungkit lagi kesalahan masa lalu yang dulu sudah di selesaikan. Misalnya :”Bulan lalu Anda susah melakukan kesalahan ini . . .”

7. Akhiri dengan perkataan yang bersahabat. Akhiri dengan perkataan :”Ok kita tetap berteman, hal ini sudah kira bereskan”. Jangan mengatakan :”Anda sudah ditegur, jadi lain kali harus lebih baik”.

*XII. CARA TERAMPIL UNTUK BERTERIMAKASIH PADA ORANG.*

Tidak cukup bagi seseorang untuk merasa berterimakasih. Kita harus menunjukkan rasa terimakasih dan penghargaan itu kepada yang pantas menerimanya.

Mengapa begitu ? Karena sudah menjadi kodrat semua orang untuk menyukai dan menanggapi jika ada seseorang yang menunjukkan rasa terimakasih dan penghargaannya kepada mereka. Mereka menanggapinya dengan memberi lebih banyak di lain waktu.

Untuk bisa menyatakan terimakasih dengan benar, ada aturan aturan yang perlu diikuti.

1. Ketika mengatakan terimakasih, katakanlah dengan sungguh sungguh.

2. Katakan dengan jelas dan tanpa ragu. Jangan mengatakan seperti sambil lalu atau hanya bergumam tidak jelas.

3. Pandanglah orang yg Anda beri ucapan terimakasih.

4. Sebut namanya saat berterimakasih. “Terimakasih ya pak Saleh”, akan jauh lebih baik dibanding “Terimakasih ya”.

5. Bekerja dengan berterimakasih pada orang. Sengajalah mencari hal hal yang membuat Anda merasa perlu mengucapkan terimakasih.

Orang biasa akan berterimakasih pada sesuatu yang jelas. Orang diatas rata rata akan berterimakasih pada sesuatu yang tidak begitu kelihatan.

Berlatihlah untuk terus berterimakasih pada saat yang tepat, dan ini akan menjadi aset Anda yg paling berharga untuk seumur hidup.

*XIII. CARA TERAMPIL UNTUK MENCIPTAKAN KESAN BAIK.*

Pada batas tertentu, kita ikut mengendalikan bagaimana pandangan orang lain pada kita. Kita mulai bergerak sebagai orang asing bagi setiap orang dan cara mereka memandang diri kita sangat ditentukan oleh cara kita membawa diri kita. Dengan mengetahui hal itu, kita perlu mengatur diri kita dengan cara cara yang memberikan dampak baik pada orang lain.

Bertingkah lakulah yang baik dan mengesankan.

Ada beberapa aturan untuk bisa bertingkah laku baik dan mengesankan bagi orang lain.

1. Bersikaplah tulus. Ingat bahwa 70% komunikasi itu terjadi di bawah sadar, hanya 30% yang terjadi di pikiran sadar. Jadi tuluslah pada orang lain.

2. Tunjukkan antusiasme. Semangat itu menular kepada orang lain.

3. Jangan terlalu cemas, santai saja. Kecemasan yang berlebihan akan membuat orang bertanya tanya dan merasa ada maksud maksud yg disembunyikan.

4. Jangan berusaha membangun diri Anda dengan menghambat orang lain. Percayalah pada diri sendiri, jangan berusaha nampak baik dengan cara menunjukkan keburukan orang lain.

5. Jangan memukul siapapun atau apapun. Jika tidak ada hal baik yang bisa disampaikan tentang orang lain, maka diamlah. Jika Anda berusaha memukul jatuh orang lain, maka biasanya pukulan itu akan mengenai diri Anda sendiri. Anda justru akan nampak lebih buruk.

*XIV. CARA TERAMPIL UNTUK MELAKUKAN PERCAKAPAN.*

Berikut ini ada 5 aturan yang jika Anda pelajari akan membuat Anda menjadi pembicara yang menarik. Ke 5 hal ini yang akan membedakan antara menjadi pembicara yang menarik dan pembicara yang tidak menarik.

1. *Ketahuilah apa yang ingin Anda katakan.* Jika Anda belum mengetahui apa yang akan dikatakan, jangan berdiri atau membuka mulut.

2. *Katakanlah dan duduklah.* Apapun yg ingin Anda katakan, katakan dengan singkat dan duduklah.

3. *Pandanglah pendengar sewaktu Anda berbicara.* Ini bukan aturan yang berlebih lebihan. Siapapun yang berharga untuk diajak bicara, berharga pula untuk Anda pandang. Karena itu bicara dengan membaca teks biasanya tidak menimbulkan kesan mendalam.

4. *Bicarakanlah apa yang menarik minat pendengar.* Jika akan berbicara, ingatlah bahwa yang penting bukan apa yang ingin Anda katakan. Yang penting adalah apa yang ingin mereka dengar. Minat pendengar diatas segala galanya, bukan minat Anda.

5. *Jangan berusaha membuat suatu pidato.* Jangan mencoba untuk membuat orasi karena hanya sedikit yang bisa melakukan. Buat saja sebuah pembicaraan. Katakan apa yg ingin Anda katakan dengan wajar dan natural.

Semua ilmu yang saya sampaikan tadi tidak berharga sampai Anda mempraktekkannya.

*Alam tidak membayar apa yang Anda ketahui. Alam akan membayar apa yang Anda lakukan.*

Ke 14 Cara terampil untuk berhubungan dengan orang ini adalah kunci Anda menuju hidup yang lebih baik, sahabat yang lebih banyak, sukses yang lebih besar, san kebahagiaan yang lebih besar.Terapkanlah ilmu ini untuk Anda dan keluarga Anda SEKARANG.

Selamat malam 🙏

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s