Terbang

[29/10 11:27] Sri Agus Hariani: *BAIK UNTUK KITA RENUNGKAN* Copas

Saat saya menunggu dalam antrian untuk naik taksi di bandara Dubai.. dan ketika taksi berhenti untuk mengantar saya , hal pertama yang saya perhatikan adalah bahwa taksi itu begitu bersih dan mengkilap.

Sang supir berpakaian kemeja putih, dasi hitam, dan celana panjang hitam melangkah keluar dari mobil untuk membuka pintu bagi saya.

Dia menyerahkan kartu laminasi dan berkata, “Saya Abdul”.

“Sementara saya manaruh tas Anda di bagasi.. saya ingin Anda untuk membaca pernyataan misi saya.”

“PERNYATAAN MISI”
Untuk mengantarkan penumpang ke tujuan mereka dengan tercepat, teraman dan termurah dan menciptakan lingkungan yang ramah.”

Setelah saya baca dan saya duduk di belakang,

Abdul mengatakan,
“Apakah Anda ingin secangkir kopi.??
Saya memiliki termos dan satu kopi tanpa kafein..”

Saya bergurau,
“Tidak, saya lebih memilih minuman dingin..”

Abdul tersenyum dan berkata,
“Tidak ada masalah…”

“Saya memiliki pendingin yang berisi reguler dan Diet Coke, lassi, air dan jus jeruk..”

Hampir gugup, saya berkata,
“Saya mau Lassi..”

Sambil menyodorkan minuman permintaan saya, Abdul mengatakan…
“Jika Anda ingin sesuatu untuk dibaca, saya memiliki The NST, Star dan Sun Today..”

Kemudian Abdul menyerahkan kartu lain :
“Jika ingin mendengarkan radio dan musik..”

Sepertinya belum cukup, Abdul berkata kepada saya dan bertanya apakah suhu AC nya nyaman bagi saya.

Kemudian ia menyarankan saya rute terbaik ke tujuan saya untuk hari itu.

Dia juga memberitahu saya bahwa ia akan senang untuk ngobrol dan memberitahu saya tentang beberapa pemandangan atau tempat-tempat menarik lainnya.

Saya berkata,
“Saya kagum..” dan bertanya,
“Apakah kau selalu melayani penumpang seperti ini.??”

Abdul tersenyum ke kaca spion,
“Tidak, tidak sebelumnya…”
“Bahkan, sejujurnya ini saya lakukan dalam dua tahun terakhir..”

“Selama lima tahun pertama saya bekerja sebagai supir, saya menghabiskan sebagian besar waktu saya untuk mengeluh seperti semua sopir taksi lainnya..”

“Lalu suatu hari saya mendengar sebuah cerita tentang..

*”KEKUATAN PILIHAN”*

Kekuatan pilihan bahwa KITA bisa memilih menjadi “BEBEK atau ELANG”

“Jika Kita bangun di pagi hari dan terus mengeluh…”
Kita akan mengecewakan diri sendiri dan juga orang disekitar kita …

Berhentilah mengeluh.!!!

“Jangan jadi bebek.. tetapi Jadilah elang”
“Bebek hanya mengeluh”
“Elang bisa terbang tinggi di atas..”

“Selama ini saya selalu mengeluh.. jadi saya memutuskan untuk mengubah sikap saya dan menjadi Elang ..”

“Saya melihat sekeliling, banyak Taksi yang kotor, driver yang tidak ramah, dan pelanggan yang tidak bahagia..”

“Maka saya memutuskan untuk membuat beberapa perubahan, perlahan-lahan.. bertahap namun pasti..”

“Ketika pelanggan saya merespon dengan baik, saya mengulanginya lagi..”

“Tahun pertama saya sebagai Elang, saya mendapatkan penghasilan dua kali lipat dari tahun sebelumnya..”

“Tahun ini penghasilan saya naik empat kali lipat…”

“Pelanggan saya selalu menelepon saya untuk menjemputnya kembali..”

Abdul membuat pilihan yang berbeda…
Dia memutuskan untuk berhenti menjadi Bebek dan mulai terbang seperti Elang.

Mulailah menjadi Elang hari ini…
satu langkah kecil pasti setiap hari, setiap minggu..
Dan selanjutnya..
Dan selanjutnya..
Kita akan melihat sebuah perubahan,
Perbaikilah diri Kita sendiri dan kemampuan Kita dengan cara yang berbeda.

๐Ÿฆ… Jadilah ELANG, bukan BEBEK ๐Ÿฆ†

Mengeluh atau Mencari Solusi..??
pilihan ada ditangan Kita
๐Ÿ™๐Ÿป. God bless you All

[29/10 11:27] Sri Agus Hariani: *elang dan bebek hnya kiasan….bkn untuk merendahkan bebek ato mengunggulkan elang

Advertisements

Gak nyambung

Mari garing siang” โ˜บContoh-contoh Komunikasi yang gak nyambung :

1. Dok, tolong selametin anak saya!
|| Tenang dulu bu! Anak ibu kenapa?
|| Anak saya ulang tahun dok! Selametin yaโ€ฆ
๐Ÿ˜ 
๐Ÿ˜ 

2. Rapi amat lo Dul, mau kemana?
|| Nonton konser Mak!
|| Dimana?
|| Di Youtube
|| Oh, baek baek yak
|| Iye mak
๐Ÿ˜ƒ
๐Ÿ˜ƒ

3. Bang, nasi goreng satu
|| Pedes apa ga?
|| Mana gue tau?
Kan belum nyicipin!
๐Ÿ˜ค
๐Ÿ˜ค

4. Bang bubur satu ya
|| Pakai kacang?
|| Pakee..
|| Dikasih ayam Mas..?
|| Kalau dikasih ayam gue makan apa?
๐Ÿ˜ก
๐Ÿ˜ก
๐Ÿ˜ก

5. Saya mau ngelamar kerja, ini poto copy ijazah saya
|| Kok poto copy?!? aslinya manaโ€ฆ???
|| Tegal masโ€ฆ!!
๐Ÿ˜“
๐Ÿ˜“
๐Ÿ˜“

6. Bang maaf, disini ruangan ber-AC, jadi nggak boleh ngerokok.
|| Oh maaf pak, lupa matiin AC-nyaโ€ฆ!!! (Ambil remote)
๐Ÿ˜ซ
๐Ÿ˜ซ
๐Ÿ˜ซ

7. Bang, kok mie ayamnya gak ada ayamnya?!
|| Lah, lu kalau beli lem tikus emang ada tikusnya?!
|| *gigit mangkok* ๐Ÿ˜Ž๐Ÿ˜Ž๐Ÿ˜Ž๐Ÿ˜Ž

8. Mbak minta es teh
|| Manis gak?
|| Gak usah manis-manis, yang penting setia dan mau menerima saya apa adanya *eaaaaaaa
๐Ÿ˜ฑ
๐Ÿ˜ฑ
๐Ÿ˜ฑ
๐Ÿ˜ฑ

9. Guru: Ayo anak-anak coba sebutkan ciri-ciri gunung aktif
|| Murid: miscall aja bu, kalo nyambung berarti aktif

10. Dek sekolah di mana?, kok bajunya kotak-kotak hitam putih gitu?
|| Sekolah TK
|| TK mana?
|| TK teki silang
๐Ÿ˜ต
๐Ÿ˜ต

11. Abang bakso, gerobaknya rusak ya?
|| Enggak koq..
|| Lahโ€ฆ Koq didorong??
๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜๐Ÿ˜๐Ÿ˜

Jangan lupa bahagia yaa๐Ÿ˜Š๐Ÿ˜Š๐Ÿ˜Š๐Ÿ™‚๐Ÿ™‚๐Ÿ™‚

Menulis buku best seller

*Repost* grup WA

*Menulis Buku Best Seller ala Asma Nadia*

~Materi workshop yang diadakan pada 25 Oktober 2017 di STKIP PGRI Bangkalan, Madura~

“Menulis itu berjuang,” ucap Asma, “maka harus kita perjuangkan,” lanjutnya.

Pernah seseorang bertanya pada Asma Nadia, mengapa ia tidak mencoba menulis dengan genre horror. Akhirnya ia menjawab: “Menulis itu berjuang. Berjuang menebar kebaikan. Dan menulis perihal setan bukan termasuk dari apa yang ingin saya perjuangkan.”

Asma Nadia bukan seseorang yang berasal dari keluarga berada. Ia tumbuh dan dibesarkan di keluarga yang begitu sederhana. Inilah yang membuat hobi membacanya sempat terkendala, karena ia tidak mampu membeli buku. Akhirnya setiap hari, Asma dan kakaknya membaca koran yang digunakan sebagai pembungkus cabai. Mereka biasa mengumpulkannya usai Ibu mereka membeli cabai di warung kelontong.

Setiap lewat di toko-toko buku besar, Asma dan kakaknya hanya mampu menelan ludah dari luar gedung. Tidak mungkin dengan keadaan dan penampilan yang begitu kucel mereka akan masuk ke dalam toko, pikir mereka. Lalu Asma berucap pada sang kakak: “Kak, kapan ya kita bisa baca buku-buku bagus itu?” “Semoga suatu saat kita bisa jadi salah satu penulisnya, Dik,” jawab kakak Asma tersenyum.

Kini Asma dan kakaknya telah menjadi penulis buku-buku best seller sebab impian yang dulu mereka ukir. Asma juga telah menjelajahi 62 negara dan 360 kota.

Sejak dulu Asma adalah gadis kecil yang sering sakit-sakitan. Di usia yang masih belia, Asma telah mengalami gagar otak dan mengidap penyakit tumor. Hal itu membuatnya bolak balik pergi ke rumah sakit. Lalu ia berpikir, ia ingin menjadi manusia yang tetap berguna di kondisinya saat itu. Dan jawabannya adalah menjadi seorang penulis. Sejak itu Asma lebih tekun membaca dan menulis. Baginya, menulis adalah profesi yang begitu mudah dan tidak diskriminatif. Seorang yang suaranya tidak bagus berhak menjadi penulis. Menjadi penulis tidak perlu memiliki tubuh layaknya boneka Barbie. Setiap kita bisa menjadi seorang penulis.

Hingga saat ini Asma masih harus sering ke rumah sakit beberapa kali dalam sepekan karena masih ada tumor yang bersarang di tubuhnya. Kala mengungkapkan itu, air mukanya terlihat begitu santai sembari meminta doa kepada audien agar lekas dianugerahi kesembuhan.

Baiklah, itu sekelumit cerita mengenai Asma Nadia. Berikut adalah beberapa tips menulis buku best seller ala Asma Nadia.

*Menjadi penulis buku best seller adalah 5% bakat, 5% keberuntungan dan 90% kerjas keras!*

*Dalam menulis itu…*

1. Bukan sekadar ide bagus
2. Berawal dari keresahan. “Saat saya berkunjung ke toko buku dan tidak menemukan buku yang saya inginkan, saat itulah saya bertekad menulisnya sendiri.” atau “Saat menemukan permasalahan di mana-mana, saya dirundung keresahan untuk segera menuliskan dan menemukan solusinya.”
3. Buku sebagai kebutuhan. Sebab membaca dan menulis adalah hal yang tidak bisa dipisahkan.
4. Memperbaiki moral. “Indonesia adalah negara dengan populasi _jones_ terbanyak (hehehe), oleh karena itulah ini bisa menjadi pasar yang potensial sekaligus memperbaiki moral mereka. Kenapa demikian? Karena banyak dari mereka akan lebih sering membaca meme yang jurtru membuat mereka tambah _ngenes._” Seperti meme yang berbunyi: “Truk aja ada gandengannya, masak kamu ngga? _Ya udah tinggal jawab aja: Alphard sendiri tapi tetep kece tuh_ Lagi: Maling aja di kejar, masak kamu ngga? _Ya elah, masak para jones dianggap lebih hina daripada maling. Kan parah banget itu meme. Belum lagi pas kena ke kata kamu, bikin mereka malah tambah ngenes. Disinilah peran kita supaya bisa berkontribusi membentuk moral dengan menulis buku perihal kebaikan. Pembentuk kepribadian baik para jomblo agar jauh dari kata ngenes, melainkan mandiri, produktif dan lain sebagainya._
5. Memotivasi pembaca.
“Novel terbaru saya yang berjudul Cinta Dua Kodi dan Bidadari untuk Dewa dibuat dengan banyak alasan. Salah satunya, dalam novel Cinta Dua kodi saya ingin mengajak pembaca (khusunya Ibu-ibu) untuk mampu mandiri dan berwirausaha. Kemudian dalam novel Bidadari untuk Dewa saya menyuguhkan cerita menggugah dari tokoh utama yang mampu bangkit dan menjadi pejuang dalam hidupnya.

*Dosa penulis pemula:*

1. Judul.
Menggunakan judul yang _mainstream_ dan dengan satu kata: kayu, paku, daun. Padahal pembaca dan penerbit akan melihat judul terlebih dahulu untuk karya-karya penulis pemula.
2. _Opening_tidak menarik
3. Fokus cerita.
Kebanyakan cerita tidak fokus ke masalah sebenarnya, malah bercabang-cabang isinya.
4. Bertele-tele.
5. Konflik tidak menarik.
6. Pesan verbal.
Di akhir naskah, mereka membubuhkan doa-doa dan pesan pesan verbal lainnya.
7. Ending tidak menarik.
Di ending cerita penulis membuat tokoh utama meninggal dunia, diikuti yang lain seolah membuat cerita makin dramatis.

*Kesempatan yang didapat…*

1. Dengan menulis, nama kita akan abadi meskipun kita sudah pasti akan mati.
2. Menulis menjadi kado indah untuk kedua orang tua kita.
3. Dari menulis, kita bisa mengalirkan pahala lewat tulisan sebab yang kita tulis adalah untuk kebaikan.

*Tulislah impianmu, sebab ia mudah menguap karena rutinitas keseharian.*

*Tiga prinsip menulis:*
1. Menulis yang baik
2. Jangan menulis sesuatu yang akan kamu sesali
3. Tulisan sebagai bekal di akhirat

*Untuk menulis buku best seller harus…*

1. Menjadi predator buku. Bukan ‘kutu’ sebab ia jauh lebih kecil.
2. Merekam pengalaman dengan tulisan mulai sekarang
3. Jujur (antiplagiasi) dan disiplin dalam menulis.
4. Buka mata buka telinga terhadap setiap hal yang terjadi.
5. Menulis setiap hari dan untuk diselesaikan.

“Mulailah dengan menuliskan hal-hal yang kamu ketahui. Tulislah tentang pengalaman dan perasaanmu sendiri.”
– JK Rowling

Sekian sedikit ilmu yang masih melekat dipikiran dan coretan kecil saya. Mohon maaf apabila ada kesalahan. Semoga bermanfaat dan kita semua Allah jadikan manusia yang bermanfaat.

Oleh: Lutfiyah๐ŸŽˆ

Barokah Allah

*ุจูุณู’ู€ู€ู€ู€ู…ู ุงู„ู„ู‡ู ุงู„ุฑู‘ูŽุญู’ู…ูŽู†ูุงู„ุฑู‘ูŽุญููŠู’ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู…….*

*ุงู„ุณู‘ูŽู„ุงูŽู…ู ุนูŽู„ูŽูŠู’ูƒูู…ู’ ูˆูŽุฑูŽุญู’ู…ูŽุฉู ุงู„ู„ู‘ู‡ ูˆูŽุจูŽุฑูŽูƒูŽุงุชูู‡ู……*

*BAROKAH*

Al Kisah.., pada suatu hari Syeikh al-Imam Syaqiq al-Balkhi membeli buah semangka untuk istrinya.

Saat disantapnya ternyata buah semangka tersebut terasa hambar. Dan sang isteri pun *marah*.

Syeikh al-Imam Syaqiq menanggapi dengan tenang amarah istrinya tsb, setelah selesai di dengarkan amarahnya, beliau bertanya dengan halus:

“Kepada siapakah engkau marah wahai istriku?
Kepada pedagang buahnya kah? atau kepada pembelinya? atau kepada petani yang menanamnya?
ataukah kepada yang Menciptakan Buah Semangka itu?”, Tanya Syeikh al-Imam Syaqiq

Istri beliau terdiam.

Sembari tersenyum, Syeikh Syaqiq melanjutkan perkataannya:

“Seorang pedagang tidak menjual sesuatu kecuali yang terbaik…
Seorang pembeli pun pasti membeli sesuatu yang terbaik pula..!
Begitu pula seorang petani, tentu saja ia akan merawat tanamannya agar bisa menghasilkan yang terbaik..!
Maka sasaran kemarahanmu berikutnya yang tersisa, tidak lain hanya kepada yang Menciptakan Semangka itu..!”

Pertanyaan Syeikh al-Imam Syaqiq menembus ke dalam hati sanubari istrinya. Terlihat butiran air mata menetes perlahan di kedua pelupuk matanya…

Syeikh al-Imam Syaqiq al-Balkhi pun melanjutkan ucapannya :

“Bertaqwalah wahai istriku…Terimalah apa yang sudah menjadi Ketetapan-Nya. Agar Allah memberikan keberkahan pada kitaโ€

Mendengar nasehat suaminya itu… Sang istri pun sadar, menunduk dan menangis mengakui kesalahannya, dan ridha dengan apa yang telah Allah Subhanallahu Wa Ta’ala tetapkan.

โ€ข. _Pelajaran terpenting buat kita adalah :_

*โ€˜Setiap keluhan yang terucap, sama saja kita tidak ridha atas ketetapan Allah, sehingga barokah Allah jauh dari kita.โ€™*_

_Karena Barokah bukanlah serba cukup dan mencukupi saja, akan tetapi:_

*โ€œBarokah ialah bertambahnya ketaatan kita kepada Allah, dengan segala keadaan yang ada, baik yang kita sukai atau sebaliknya.โ€*_

Jadi Keberkahan itu adalah :

*โ€œBertambahnya ketaatanmu kepada Allah.โ€*

-. _Makanan barokah itu bukan yang komposisi gizinya lengkap

*tetapi makanan yang mampu membuat orang yang memakannya menjadi lebih taat setelah memakannya.*

-. _Hidup yang barokah bukan hanya sehat,_

*tetapi terkadang sakit itu justru juga barokah, sebagaimana Nabi Ayyub, sakitnya menjadikannya bertambah taat kepada Allah.*

-. _Barokah itu tidak selalu panjang umur,_

*ada yang umurnya pendek, tapi dahsyat ketaatannya layaknya Musab bin Umair.*

-. _Tanah yang barokah itu bukan karena subur dan panoramanya indah,_

*karena tanah yang tandus seperti Makkah punya keutamaan di hadapan Allah…tiada banding dan tiada tara.*

-. _Ilmu yang barokah itu bukan yang banyak riwayat dan catatan kakinya,_

*akan tetapi yang barokah ialah, ilmu yang mampu menjadikan seorang meneteskan keringat dan darahnya dalam beramal & berjuang untuk agama Allah.*

-. _Penghasilan barokah juga bukan gaji yg besar dan berlimpah,_

*tetapi sejauh mana ia bisa menjadi jalan rejeki bagi yang lainnya, dan semakin banyak orang yang terbantu dengan penghasilan tersebut.*

-. _Anakยฒ yang barokah bukanlah saat kecil mereka lucu dan imut, atau setelah dewasa mereka sukses bergelar dan mempunyai pekerjaan serta jabatan yang hebat,_

*tetapi anak yang barokah ialah, yang senantiasa taat kepada Rabb-Nya dan kelak mereka menjadi lebih shalih dari kita dan tak hentiยฒnya mendo’akan kedua Orangtuanya.*

_Semoga kita semua selalu dianugrahi kekuatan untuk senantiasa bersyukur padaNYA, agar kita mendapatkan keberkahanNYA…_ Allahumma Aamiin

_*Baarakallahu fiikum*_

๐Ÿ•‹ Semoga kita selalu mendapatkan Taufiq dari Allah Ta’ala….Aamiin

Tanda-tanda Anda bakat jadi Pengusaha

*15 Tanda bahwa kamu punya bakat buat jadi seorang pengusaha sukses*

1.Seorang Pengusaha menganggap sebuah Resiko itu harus di ambil bukan untuk di hindari.

2.Meskipun Gagal berkali kali anda tetap harus Bangkit

3.Meskipun Orang orang disekelilingmu meremehkanmu, kamu tetap percaya pada kemampuan yg ada dlm dirimu.

4.Kamu menjadi sosok yg selentur Bunglon saat di hadapkan pada keharusan utk beradaptasi.

5.Memiliki Rasa Ingin Tahu yg besar akan membunuh segala kenegatifan.

6.Dihadapkan pada sistem yg tdk berjalan baik, kamu selalu gatal utk memperbaikinya.

7.Saat sudah terlalu nyaman dengan sebuah pekerjaan, kamu justru ingin mencari tantangan dan pengalaman baru.

8.Proses membangun bisnis dari nol adalah sesuatu yg amat kamu nikmati dan sukai.

9.Persaingan justru membuatMu ingin berjuang dan membuktikan kemampuan yg kamu miliki.

10.Kamu mempunyai ide ide unik yg sulit utk di tebak.

11.Bagimu,setiap keputusan harus dapat di jelaskan secara rasional.

12.Terpuruk dlm sebuah bisnis hal yg wajar, tetapi kamu selalu menemukan motivasi utk bangkit kembali.

13.Buatmu,Tidak mengejar peluang yg ada merupakan sebuah dosa besar.

14.Berpikir diluar kebiasaan yg di alami (Think Outside The Box).

15.Telinga dan hatimu cukup lapang utk selalu menerima masukan baru dari partner bisnis lainnya.

Haji Sebelum Tidur

Berbagi Manfaat:
IBADAH HAJI SEBELUM TIDUR

Jika kamu merasa bersyukur ๐Ÿ‘ atas segala Rahmat Allah,
jangan sungkan

Tunaikanlah ibadah haji sebelum tidur….

Ini sangat menarik, tolong luangkan 2 menit saja untuk membacanya.

suatu hari Rasulullah SAW pernah
bersabda kepada Ali ( R.A. ) :
Wahai Ali, lakukanlah 5 hal ini sebelum tidur…

โ—† 1. Berikan sedekah 4000 Dinar, kemudian tidurlah.

โ—†2. Khatamkan Quran, lalu tidur.

โ—†3. Belilah surga, lalu tidurlah.

โ—†4. Perbaikilah hubungan dua orang yang tengah berselisih,
kemudian tidurlah.

โ—†5. Tunaikanlah satu kali haji,
lalu tidurlah.

Ali ( R.A. ) pun menjawab,
Ya Rasulallah !
Mana mungkin aku bisa melakukannya ?
Lalu nabi ( SAW ) menjawab :

โ—†4 kali membaca Al Fatihah adalah sama dengan sedekah 4,000 Dinar.

โ—†3 kali membaca surah Al Ikhlas sama nilainya dengan menamatkan satu Al-Qur’an.

โ—†3 kali membaca Shalawat ( minimal membaca Sallalaho Alaihi Wa Salam ) adalah harga surga.

โ—†10 kali bacaan istighfar sama nilainya dengan menyambungkan silaturrahim dua orang yg berselisih.

โ—†4 kali membaca Subhanallah,
Alhamdulillah, Laa ilaaha ilallah, Allahu Akbar sama dengan menunaikan satu kali Haji.

โ˜…Lalu Ali (R.A.) pun berkata, Ya Rasulallah ( SAW )!
Kini aku akan menjalankan semua
nasehatmu ini sebelum tidur !

โ˜…Hanya butuh kurang dari lima menit untuk menjalankannya,
namun lihatlah semua kebaikan amalan tersebut!
Siapa tak ingin menorehkan semua kebajikan itu dalam buku catatan amal baiknya?

โ˜…untuk mengingatkan seseorang akan amalan ini, cara termudah adalah dengan menuliskan kesemua dzikir tersebut pada sehelai kertas, untuk dibaca sebelum tidur, dan tempelkan di dekat tempat tidur Anda, untuk dibaca ๐Ÿ˜Š….
Dan tentu saja, dengan niat mengingat Allah ….

๐ŸŒปIndahnya jika Anda mau berbagi tulisan ini ke sebanyak Muslim yang Anda kenal, karena jika atas usaha Anda seseorang menjalankan amalan2 ini, maka Anda pun akan menerima pahala dan kebaikannya …
In sya ALLAH.
Aamiin…YaRobbal ‘Aalamiin…

๐ŸŒปSuratul Faatihah melindungi seseorang dari kemurkaan Allah

๐ŸŒป Surah Yasiin melindungi seseorang dari kehausan pada hari pengadilan.

๐ŸŒปSuratul Waaqi’ah melindungi seseorang dari kefakiran dan kelaparan.

๐ŸŒปSurah Al-Mulk melindungi manusia dari azab kubur.

๐ŸŒปSurat Al-Kautsar melindungi seseorang dari kejahatan musuh.

๐ŸŒปSurat Al-Kaafiruun melindungi dari kekafiran saat ajal menjemput.

๐ŸŒปSurat Al-Ikhlaas melindungi seseorang dari kemunafikan.

๐ŸŒปSurat Al-Falaq melindungi seseorang dari marabahaya.

๐ŸŒปSurat An-Naas melindungi seseorang dari pikiran jahat.

๐ŸSeandainya seseorang mengindahkan amalan2 dalam pesan yang Anda kirimkan
ini dan mengamalkannya,
andapun akan meraih kebaikan karena telah menyampaikannya… ๐Ÿƒ

๐ŸŒปSaran
Jangan tunggu nanti.
Kirimkan sekarang !
Semoga Allah melimpahkan kesuksesan untuk setiap orang yang telah mengamalkan dan menyampaikan pesan ini.
“Aamiin Yaa Robbal Aalamiin “

Persaudaraan Dalam Grup

“`TIPS MENJAGA PERSAUDARAAN
DI GRUP DAN DI WA KITA INI“`

๐Ÿšฉ *pahami bahw a*
*anggota kita memiliki*
*perbedaan yaitu,beda :*

– usia
– pendidikan
– hobi
– sifat
– pemahaman agama
– latar belakang
– kedewasaan rohani
– pola pikir dll

๐Ÿšฉ *Dari perbedaan2 tsb*
*harap maklum jika ada*
*anggota yang:*

– suka humor/bercanda,
– serius ada pula yg santai,
– suka ceramah agama,
– sok menggurui atau
menasehati,
– tukang kritik,
– doyan politik,
– suka artikel yg bermanfaat

๐Ÿšฉ *Keaktifan posting para*
*anggota*

– Sangat aktif,
– sedang2 saja,
– sekali2 posting (jarang),
– malu2 (enggan) posting,
– rajin baca postingan,
– malas buka wa
– tukang ngintip (gak pernah
posting, tapi sering buka
WA)

๐Ÿšฉ *Jangan mudah*
*terpengaruh atau*
*terpancing*
*dengan isi postingan*
*sehingga kita jadi:*

– emosi,
– tersinggung,
– gak mau kalah,
– percaya begitu saja
(padahal hoax),

๐Ÿšฉ *Jika ada postingan*
*yang isinya hoax atau*
*keliru, kita perlu*
*luruskan*

_Maka jangan menambah_
_gaduh/keruh suasana dan_
_yang posting hoax jika_
_diluruskan jangan cepat_
_tersinggung._

๐Ÿšฉ *Jika ada postingan*
*yang kurang berkenan*
*di hati kita, misalnya:*

– humor, gambar2, cerita2
nggak bermutu,
– artikel terlalu panjang,
– atau bertele-tele,
Cuekin aja atau kita delete
(hapus).

๐Ÿšฉ *Fokus saja pada satu*
*tujuan yaitu menjalin*
*tali silaturahmi dan*
*persaudaraan*

*SEMOGA BERMANFAAT*
*Indahnya Persaudaraan*